Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan akan memfokuskan penanganan Coronavirus Disease (COVID-19) dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2021-2026, sebagai bagian dari program prioritas utama pemerintah daerah setempat.

"Visi misi kami, diurai dalam bentuk program-program strategis dan inovasi walaupun belum terlalu rinci, lalu diuji di DPRD Kota Makassar, " papar Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, di salah satu hotel di Makassar, Kamis.

Hal yang paling penting ditangani pemerintah kota saat ini, lanjut dia, adalah penanganan dan pencegahan pandemi COVID-19 melalui berbagai program salah satunya Makassar Recover.

"Persoalan utamanya adalah update (perkembangan) yang kita miliki sekarang ini, soal penanganan pandemi COVID-19," ungkap dia menegaskan.

Pria akrab disapa Danny Pomanto mengatakan, RPJMD ini merupakan Perencanaan Pembangunan Nasional dimana dokumen perencanaan lima tahun ke depan sesuai dengan visi misi bersama pasangannya, Fatmawati Rusdi.

Dokumen RPJMD tahun 2021-2026, kata dia, dijadikan pedoman seluruh pemangku kepentingan, baik itu pemerintah daerah, masyarakat, maupun dunia usaha.

RPJMD tersebut akan dijabarkan pada setiap tahunnya ke dalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah atau RKPD, sehingga jelas arah pembangunan dan kinerja Pemkot Makassar.

"Ini akan menjadi pedoman dalam penyusunan Rencana Strategis Perangkat Daerah atau Renstra SKPD, yang selanjutnya dijadikan pedoman bagi seluruh stakeholder untuk direalisasikan dalam RKPD, Pemkot Makassar," ucapnya menjelaskan.

Hadir dalam kegiatan Musrembang yang di gelar Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar itu yakni Sekertaris Daerah Kota Makassar M.Ansar, seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta para Camat se Kota Makassar.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024