Makassar (ANTARA) - Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-113 di Aula Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Sulawesi Selatan (Sulsel) dipadukan dengan upacara nasional secara virtual dari Lapangan Parkir Utama Kemenkominfo RI Jakarta, Kamis (20/5).

Hadir dalam kegiatan itu Kepala Kanwil Kemenkumham Sulsel Harun Sulianto, Kepala Divisi Administrasi Sirajuddin, Kepala Divisi Pemasyarakatan Edi Kurniadi, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Anggoro Dasananto, Kepala Bagian Umum Basir, dan Pejabat Struktural Kantor Wilayah.

Pada momentum upacara nasional, Menteri Komunikasi dan Informatika RI Jhonny G Plate yang bertindak sebagai Inspektur Upacara menyampaikan bahwa tema yang diangkat dalam upacara ini adalah “Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh!”.

Tema tersebut mengingatkan kita agar optimistis menghadapi tantangan dan persoalan masa depan secara bersama.

Jhonny juga mengajak kepada masyarakat untuk memanfaatkan ruang digital secara benar, mengingat selama pandemi COVID-19 masih beredarnya misinformasi, disinformasi, dan hoaks.

"Mari kita manfaatkan ruang digital secara tepat dan bijak, katakan tidak pada segala jenis hoaks, ujaran kebencian dan berbagai jenis penyalahgunaan ruang digital yang mencederai semangat persatuan dan kesatuan sebagai bangsa dan diisi dengan hal bermanfaat untuk kemajuan ekonomi," ujarnya.

Jhonny kemudian memaparkan pencapaian ekonomi digital yang mengalami pertumbuhan selama pandemi COVID-19 dari Rp253 triliun pada 2020 menjadi Rp337 triliun pada 2021.

Peningkatan transaksi e-commerce juga tidak terlepas dari kebijakan pemerintah yang mendorong penggunaaan transaksi digital masyarakat dan berkembangnya fintech dan digital banking.

Jhonny juga mengatakan Hari Kebangkitan Nasional mengingatkan kita kepada semangat untuk bergerak sebagai bangsa, dengan tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras, dan golongan.

"Mimpi kita untuk tancap gas memacu ekonomi dan kemajuan peradaban sebagai simbol kebangkita bangsa. Menuju Indonesia Digital, Semakin Digital Semakin Maju,” ujar Jhonny. (*/Inf)

Pewarta : Arga
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024