Makassar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) menyiapkan ruangan khusus bagi peserta ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang memiliki gejala COVID-19 saat akan mengikuti seleksi.

Kepala BKD Sulsel Imran Jausi di Makassar, Selasa, mengatakan pihaknya menyiapkan 20 unit komputer untuk ruang khusus isolasi tersebut dari 600 unit yang disiapkan pada ujian CAT di Celebes Compention Centre (CCC) Makassar.

"Jadi bagi mereka yang bergejala seperti setelah dicek suhu tubuhnya tetapi lebih dari 36 derajat celicius, maka akan ditempatkan di ruang isolasi ini, dan gejala lainnya," katanya.

Tahun 2021 ini, terdapat 10 kabupaten/kota yang akan menggunakan CCC untuk penyelenggaraan ujian CAT CPNS 2021 di Sulsel. Sedangkan 14 kabupaten/kota lainnya melaksanakan ujian di daerahnya masing-masing.

Imran menegaskan bahwa penyediaan ruangan khusus bagi peserta ujian CPNS bergejala juga harus disiapkan 14 kabupaten/kota dengan minimal 20 unit komputer.

"Tetapi kita berharap semoga ruangan ini tidak kita gunakan, janganlah yah, kita harapkan semua peserta dalam keadaan sehat," ujarnya.

Berada di masa pandemi, Imran menjelaskan skema pelaksanaan ujian CAT yang digelar di CCC Makassar dimungkinkan untuk meminimalisir kerumunan. 

Hal itu sejalan dengan aturan seperti peserta hanya bisa diantar dan tidak diperbolehkan pengantar menunggu, peserta dilengkapi peralatan protokol kesehatan, melarang adanya aktivitas jual-beli di lokasi ujian.

"Tidak boleh ada yang diantar (tinggal di lokasi ujian) jika sesinya, maka mereka juga diminta datang 1 jam sebelumnya," ujarnya.

Sementara saat ditanya soal kebijakan bagi peserta ujian yang terkena COVID-19 pada hari pelaksanaan ujian, Imran menyampaikan belum ada juknis yang mengatur hal tersebut.

Tahun sebelumnya, kata dia, bagi peserta ujian yang berhalangan datang karena alasan logis, maka akan dijadwal ulang pada hari terakhir pelaksanaan ujian.

Pemprov mendapat kuota formasi CPNS 349 formasi yang terbagi dari 103 formasi untuk tenaga kesehatan dan 246 untuk tenaga tekhnis.

Pada formasi P3K, Pemprov mendapat jatah sebanyak 8.434 kuota, maka total formasi yang ditetapkan Kemenpan-RB yang tersedia di Sulsel adalah 8.783.

Masa pendaftaran peserta seleksi CPNS 30 Juni hingga 21 Juli 2021.

Pendaftaran CPNS tahun 2021 dilaksanakan secara serentak melalui website SSCN.BKN.GO.ID, tata cara dan panduan untuk mendaftar, membuat akun, dan memilih unit kerja pada website SSCN dapat dilihat secara rinci SSCN.BKN.GO.ID 2021.

Setelah itu dilaksanakan verifikasi terhadap berkas lamaran dan dokumen yang diunggah oleh para pelamar CPNS Provinsi Sulawesi Selatan oleh Panitia Penyelenggara Pengadaan CPNS Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2021.

Pemberitahuan Hasil Seleksi Administrasi CPNS bisa langsung diketahui dan diakses pada portal: SSCN.BKN.GO.ID dan email dengan login menggunakan akun masing-masing pelamar.

Peserta yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat/tidak lulus seleksi administrasi dapat mengajukan Masa Sanggah yang dilaksanakan pada tanggal yang tertera pada akun di portal SSCN.BKN.GO.ID.

Dari hasil verifikasi tersebut peserta yang dinyatakan lulus administrasi dapat mengikuti tahapan seleski selanjutnya yaitu tes Seleksi Kompetensi Dasar dengan sistem CAT (Computer Assisted Test).

Pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan sistem CAT (Computer Assisted Test) dilakukan sesuai dengan pengumuman jadwal masing-masing peserta, sesuai dengan jam dan lokasi yang sudah ditentukan.

Dalam tes SKD ini, jenis soal yang di ujikan meliputi Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan 4 pilar kebangsaan Indonesia yaitu Pancasila, Undang–Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tes Intelegensia Umum (TIU) bertujuan untuk menilai penguasaan kemampuan verbal, numerik, berpikir logis, dan berpikir analitis. Tes Karakteristik Pribadi (TKP) bertujuan untuk menilai karakteristik pribadi peserta.

Pengumuman lengkap hasil Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Provinsi Sulawesi Selatan 2021 akan diupdate dan dapat dilihat di Link: (menunggu pengumuman).

Hasil integrasi nilai Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) menentukan kelulusan akhir untuk peserta CPNS Provinsi Sulawesi Selatan 2021, selanjutnya adalah tahap pemberkasan bagi peserta yang dinyatakan lulus.

Pengumuman lengkap hasil Kelulusan Akhir CPNS Provinsi Sulawesi Selatan 2021 akan diupdate dan dapat dilihat di Link: (menunggu pengumuman).

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024