Makassar (ANTARA) - PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) memberikan bantuan 50 tabung oksigen dan regulator kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) guna mendukung penanganan pasien COVID-19.

"Bantuan tersebut sudah diserahkan secara simbolis oleh pihak PKT ke Pemprov Sulsel," kata Direktur Operasi dan Produksi PKT Hanggara Patrianta dalam keterangan persnya di Makassar, Selasa.

Dia menjelaskan bantuan ini bagian dari program PKT Proaktif, sesuai amanah Kementerian BUMN agar perusahaan turut andil dalam penanggulangan COVID-19, sekaligus implementasi Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003 tentang tugas BUMN sebagai agen pembangunan.

Bantuan 50 tabung oksigen ini berdasarkan permintaan Pemerintah Provinsi Sulsel, melihat kebutuhan oksigen masyarakat yang terbilang tinggi namun ketersediaan tabung masih kurang.

Tabung oksigen dari PKT itu hasil rekondisi tabung milik perusahaan, karena pengadaan baru yang cukup sulit di tengah kondisi saat ini, bahkan harus diimpor melalui Kementerian Perindustrian dengan proses pengadaan dan waktu yang lebih lama.

“Karena tabung oksigen di Sulsel bersifat urgen, PKT melakukan rekondisi tabung milik perusahaan agar kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi. Apalagi pengadaan tabung baru butuh 'effort' dan waktu, karena ketersediaannya sangat kurang di mana-mana,” katanya.

Namun begitu, PKT akan terus berupaya maksimal membantu ketersediaan tabung oksigen dan regulator bagi masyarakat, mengingat kebutuhan oksigen medis yang masih cukup tinggi.

Bahkan PKT saat ini telah memproduksi oksigen secara mandiri, untuk disalurkan ke berbagai rumah sakit agar tidak terjadi kelangkaan.

Pelaksana Tugas Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menilai tabung oksigen dari PKT membantu pemerintah, karena tingginya kebutuhan oksigen untuk penanganan pasien COVID-19 di berbagai rumah sakit.

Pendistribusian tabung oksigen segera dilakukan Pemprov Sulsel, sesuai kebutuhan setiap rumah sakit.

Atas nama Pemprov Sulsel, pihaknya menyampaikan terima kasih atas bantuan tabung oksigen dan regulator dari PKT.

Ia juga berharap, jalinan kemitraan antara Pemprov Sulsel dan PKT dapat berjalan berkesinambungan, dengan memanfaatkan orientasi untuk pelayanan sosial kepada masyarakat melalui berbagai upaya penanggulangan COVID-19.

“Semoga ini menjadi langkah awal untuk kita terus bersinergi dan bergotong royong dalam penanggulangan pandemi COVID-19,” ujarnya. Suasana disela penyerahan bantuan 50 tabung oksigen dan regulator secara simbolis dari pihak PT Pupuk Kaltim yang diwakili Direktur Operasi dan Produksi PKT Hanggara Patrianta kepada Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman di Makassar. ANTARA Foto/ HO/ Humas PT PKT

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024