Makassar (ANTARA) - Bupati Sinjai, Sulawesi Selatan, Andi Seto Asapa (ASA) mengajak warga kabupaten setempat untuk peduli dan memanfaatkan sampah.

"Kegiatan hari ini tidak hanya mengajak masyarakat peduli dan memanfaatkan sampah, tetapi memberikan pendidikan tentang sampah, mulai dari bahayanya dan tata cara menangani sampah," kata Bupati ASA saat menghadiri gerakan aksi bersih-bersih dunia atau World Cleanup Day (WCD) 2021 di Pelabuhan Cappa Ujung Kelurahan Lappa,  Kecamatan Sinjai Utara,  Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, Rabu (22/9).

WCD 2021 ini digagas oleh komunitas pegiat lingkungan hidup bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Sinjai.

Bupati menambahkan, melalui momentum WCD ini diharapkan menggugah masyarakat akan pentingnya lingkungan yang bersih dan membiasakan memilah sampai di rumah.

“WCD ini acara yang sungguh luar biasa tapi jangan hanya acara ini saja, mari kita pilah sampah dari rumah. Untuk itu saya minta kegiatan ini bisa ditanamkan di hati masing masing sebagai upaya menjaga lingkungan dan menjaga alam,”p aparnya.

Menurutnya, jika lingkungan terjaga kebersihannya maka kesehatan akan semakin terjaga,  apalagi di tengah pandemi COVID-19  kesehatan merupakan hal yang paling penting untuk melangsungkan segala aktivitas keseharian.

Terkait acara, Bupati ASA juga menerima bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa tiga unit kontainer sampah dari PT Mandiri Pratama Putra.

"Bantuan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, mudah-mudahan ini menjadi pelecut bagi BUMN/BUMD lainnya untuk membantu pemerintah dalam mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat,"  tukasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Sinjai Hj A Kartini Ottong,  Wakil Ketua DPRD Sinjai Mappahakkang,  para Forkopimda,  pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) serta berbagai komunitas pencinta lingkungan.(*/Inf)

Pewarta : Darim
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024