Makassar (ANTARA) - Asosiasi Perusahaan Perjalanan dan Pariwisata Indonesia (Asita) Sulawesi Selatan mengakui pergerakan wisatawan nusantara sudah mulai terasa dan diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan melambatnya kasus COVID-19 di daerah tersebut.

Ketua DPD Asita Sulsel Didi L Manaba di Makassar, Rabu, mengatakan pihaknya telah menyiapkan hal-hal yang diperlukan untuk mendukung kebangkitan sektor pariwisata di Sulsel.

"Sudah ada pergerakan wisatawan domestik. Kami berharap dari Sulawesi atau dari Jawa bisa terus masuk Makassar, termasuk tujuan pertemuan dan sebagainya," ujarnya.

Ia menjelaskan, meski sudah ada pergerakan, masih ada kendala yang dirasakan seperti penegakan atau kewajiban melakukan tes PCR.

Menurutnya, jika masyarakat yang berkunjung ke Sulsel memang menjadi tujuan utama pariwisata, maka akan ada sisi tidak nyaman karena harus menyiapkan biaya tambahan.

Pihaknya terus berharap kondisi seperti itu terus tercipta dan perlahan sektor pariwisata bisa kembali bergairah atau minim aktivitas.

“Kalau orang yang datang itu tujuan pariwisata, tentu masih mikir. Kecuali ada urusan lain atau menghadiri kegiatan rapat, ya tentu pindah (tidak masalah),” jelasnya.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024