Mamuju (ANTARA) - Polda Sulawesi Barat menggelar Operasi Zebra Marano 2021 yang antara lain bertujuan mengedukasi masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan meskipun pandemi COVID-19 kian melandai.

"Penerapan protokol kesehatan kepada para pengendara menjadi salah satu prioritas pada pelaksanaan Operasi Zebra Marano 2021," kata Kapolda Sulawesi Barat (Sulbar) Inspektur Jenderal Polisi Eko Budi Sampurno pada apel gelar pasukan Operasi Zebra Marano 2021 di lapangan apel Mapolda Sulbar, Senin.

Ia mengatakan Operasi Zebra dalam rangka menyambut Natal dan Tahun Baru kali ini 100 persen dilakukan dengan tindakan simpatik humanis.

"Salah satu prioritas pada operasi kali ini, yakni memberikan edukasi serta pemahaman kepada masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan," ujarnya.

Gelar pasukan dalam rangka Operasi Zebra Marano 2021 tersebut juga dihadiri Forkopimda Provinsi Sulbar, personel TNI, Dishub, Satpol PP, pemadam kebakaran dan Dinas Kesehatan.

Operasi yang bersandi 'Zebra Marano 2021' akan berlangsung selama 14 hari ke depan, yakni mulai 15 hingga 28 November 2021 yang serentak berlangsung di seluruh kabupaten di wilayah Sulbar.

"Jika tahun sebelumnya, operasi menargetkan 80 persen giat preemtif dan 20 persen giat preventif, tahun ini diubah menjadi 100 tindakan tindakan simpatik humanis," ujar Eko Budi Sampurno.

Sedangkan sasaran dari Operasi Zebra Marano 2021 lanjut Kapolda meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang berpotensi terjadinya pelanggaran, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas serta segala bentuk kegiatan yang dilakukan untuk memutus penyebaran COVID-19.

Terkait permasalahan pandemi COVID-19, Kapolda meminta kepada personel di lapangan agar mengedepankan kegiatan edukatif, persuasif, simpatik dan humanis dalam menyampaikan program-program pemerintah yang berkaitan dengan upaya menekan angka penularan COVID-19.

Pewarta : Amirullah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024