Mamuju (ANTARA) - Polres Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat memperluas cakupan vaksinasi COVID-19 hingga ke wilayah pelosok di daerah itu.

"Sebagai upaya percepatan vaksinasi COVID-19, kami memperluas cakupan vaksinasi hingga ke wilayah pelosok di Kabupaten Polewali Mandar," kata Kepala Bagian Operasional Polres Polewali Mandar Ajun Komisaris Polisi Ali Maksum, Selasa.

Pada perluasan cakupan vaksinasi COVID-19 hingga ke wilayah pelosok itu lanjut Ali Maksum, Gerai Vaksinasi Mobile Polres Polewali Mandar menyisir setiap dusun di Desa Taloba Kecamatan Tubbi Taramanu (Tutar).

"Kami menyasar masyarakat yang belum tervaksinasi, khususnya para remaja dan warga lanjut usia, baik vaksinasi dosis pertama maupun dosis kedua, dengan target 200 orang," tuturnya.

"Bagi warga lanjut usia dan disabilitas yang tidak bisa datang ke gerai vaksin akan didatangi oleh tim vaksinator Polres Polewali Mandar untuk divaksin di rumahnya. Namun bagi masyarakat yang masih mampu berjalan kami imbau agar datang ke Gerai Vaksin Presisi," terang Ali Maksum.

Baca juga: Kodim 1402 bersama Polres Polewali Mandar gelar vaksinasi di pedesaan

Baca juga: Polres Polman lakukan penyekatan di perbatasan Sulbar

Perluasan cakupan vaksinasi dengan menyasar masyarakat di pelosok Kabupaten Polewali Mandar itu tambahnya, melibatkan tenaga vaksinator Polres Polewali Mandar yang bersinergi dengan tenaga kesehatan Polda Sulbar menggunakan vaksin Sinovac dan Astra Zaneca.

Sementara, Kapolres Polewali Mandar Ajun Komisaris Besar Polisi Ardi Sutriono menyampaikan, pihaknya terus menggalakkan vaksinasi di seluruh wilayah di daerah itu, dalam rangka percepatan vaksinasi COVID-19.

Ia juga menyampaikan, Polres Polewali Mandar terus menggalakkan vaksinasi serentak yang melibatkan personel TNI dan Polri, tenaga vaksinator dari Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Sulbar serta mengerahkan puluhan kendaraan dinas Polres Polres Polewali Mandar, untuk mendukung pelaksanaan kegiatan vaksinasi COVID-19 keliling di daerah itu.

"Vaksinasi massal sudah dilaksanakan, namun perlu ditingkatkan lagi," tuturnya.

Baca juga: Polres Polewali Mandar buka layanan Samsat keliling pada Operasi Zebra 2021

Baca juga: Polres Polewali Mandar kerahkan ratusan personel saat kunker Menaker

"Strategi kami adalah mendatangi langsung ke tengah-tengah masyarakat, guna memudahkan masyarakat dalam melaksanakan vaksin, dengan sarana kendaraan dan personel TNI-Polri yang telah disiapkan," terang Ardi Sutriono.

Kapolres juga mempersilakan masyarakat memanfaatkan kendaraan dinas yang ada di setiap polsek pada kegiatan vaksinasi.

Kendaraan tersebut lanjut Kapolres, untuk menjangkau daerah-daerah permukiman warga yang akan divaksinasi, karena jangkauan masyarakat serta geografis Kabupaten Polewali Mandar sangat luas.

"Kemudian faktor kondisi fisik masyarakat yang tidak memungkinkan untuk datang ke tempat vaksinasi, sehingga perlu upaya-upaya kita untuk mendatangi langsung ke tengah-tengah masyarakat, guna percepatan vaksinasi COVID-19," jelas Ardi Sutriono.

"Negara memerintahkan kami wajib hadir di tengah-tengah masyarakat, makanya ini salah satu langkah kami dalam upaya percepatan vaksinasi di Kabupaten Polewali Mandar," tambahnya.

Pewarta : Amirullah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024