Makassar (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sulawesi Selatan Harun Sulianto mengapresiasi capaian vaksinasi COVID-19 bagi tahanan, Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di 24 Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara di provinsi itu diatas 90 persen. 

"Kami menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Sulsel, Pemkab dan Pemkot se-Sulsel,  TNI Polri , Poltekes Makassar dan Kantor kesehatan Pelabuhan Makassar yang selama ini membantu vaksinasi bagi WBP di Lapas maupun Rutan dan LPKA di Sulsel," ujar Harun di Makassar, Senin. 

Ia menyebutkan berdasarkan data per 5 Desember 2021, tercatat ada 10.662 orang WBP yang menghuni 24 Lapas dan Rutan Di Sulsel. 

Dari jumlah itu, sebanyak 9.828 orang sudah divaksin dosis lengkap (Pertama dan Kedua) dengan presentase diatas 90 persen. Sementara yang baru menerima dosis pertama sebanyak 622 orang WBP. 
 
Untuk yang belum sama sekali mendapatkan vaksin sebanyak 212 WBP. Kebanyakan dari mereka yang belum divaksin karena masalah kesehatan. 

"Saat ini mereka dalam perawatan oleh dokter dan paramedis Lapas dan Rutan. Semoga mereka cepat sembuh sehingga dapat segera di vaksin," tambah Harun. 

Sementara Pelaksana harian (Plh) Kepala Rutan Kelas I Makassar Darmansyah menyebutkan data penghuni Rutan Makassar per 5 Desember 2021, tercatat 1.678 orang WBP. Sudah mendapat vaksin lengkap sebanyak 1.659 orang, lima orang baru dosis pertama, dan 14 orang belum divaksin karena alasan kesehatan. 

"Vaksinasi terakhir kali dilaksanakan pada Sabtu, 30 Oktober 2021 lalu atas kerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan dan Poltekkes Makassar," ujar Darmansyah menambahkan.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024