Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat bersama pimpinan dan anggota DPRD setempat menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) tahun anggaran 2021 kepada 22 penerima bantuan dari 15 kelompok tani di daerah itu.

Bupati Polewali Mandar Andi Ibrahim Masdar, Selasa, berharap, bantuan alat mesin pertanian yang tersalur itu, dapat dimanfaatkan dengan maksimal oleh masyarakat.

"Setelah diberikan harus dipelihara dengan baik dan bermanfaat. Saya harap kepada kelompok yang belum menerima alat dapat bersabar, semoga tahun depan terpenuhi penambahan bantuan," kata Andi Ibrahim Masdar.

Bantuan alat mesin pertanian kepada 22 penerima bantuan dari 15 kelompok tani pada penerima kegiatan pengawasan alat dan mesin pertanian Kabupaten Polewali Mandar bersumber dari pokok pikiran tahun anggaran 2021.

Kelompok tani penerima bantuan tersebut tersebar di sejumlah desa dan kelurahan pada lima kecamatan, yakni Desa Lilli Kecamatan Matangnga, Desa Battetangnga dan Amola Kecamatan Binuang, Desa Parappe dan Gattungan Kecamatan Campalagian, Kelurahan Takatidung, Lantora serta Kelurahan Pekkabata Kecamatan Polewali dan Desa Tammejarra Kecamatan Balanipa.

Baca juga: DPRD : Pemprov Sulbar perlu mendapat kewenangan untuk pengadaan alsintan

Baca juga: Polewali Mandar gelar sosialisasi dokumen pembangunan pemukiman

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Polewali Mandar Hassani mengatakan, untuk meningkatkan produktivitas pertanian, mesin pertanian tidak hanya digunakan oleh kelompok penerima bantuan saja, namun secara mandiri bisa dimanfaatkan kelompok lain.

"Pemberian bantuan alat dan mesin pertanian kepada masyarakat dan kelompok tani sebagai upaya agar mereka bisa mengolah tanah pertanian dengan baik sehingga produktivitas pertanian bisa meningkat," ujarnya.

"Kita harapkan dari musim ke musim bisa hasil produksi pertanian bisa meningkat. Dengan mesin ini juga diharapkan bisa membantu kelompok lain agar mandiri mengolah lahan pertanian," kata Hassani.

Sementara, salah seorang petani penerima alat dan mesin pertanian dari Kelompok Tani Sipatuo, Desa Tammejarra, Kecamatan Balanipa Nasarudin mengatakan, sangat bersyukur dengan bantuan yang menjadi pokok pikiran dari DPRD.

Ia berjanji, akan memanfaatkan dengan baik dan memelihara alat dan mesin pertanian tersebut.

"Saya ucapakan terima kasih kepada Dinas Pertanian Polewali Mandar yang telah memberikan bantuan kepada kami sebuah mobil traktor roda dua yang akan kita fungsikan pengolahan lahan," kata Nasarudin.

Pewarta : Amirullah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024