Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin (Unhas) sosialisasikan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Jalur Mandiri di 24 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan dalam upaya mensukseskan penerimaan mahasiswa baru pada tahun 2022

melalui tiga jalur yaitu SNMPTN, SBMPTN) dan Jalur Mandiri.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas Prof Dr Muh Restu, MP dalam keterangannya di Makassar, Rabu, menjelaskan sosialisasi tersebut bertujuan untuk memberikan informasi yang lengkap kepada pihak sekolah dan calon mahasiswa pendaftar tentang mekanisme pendaftaran.

“Kami ingin memastikan pihak terkait terutama pihak sekolah dan calon siswa memahami prosesnya.

Hal ini penting agar dapat meminimalisir kegagalan akibat ketidaktahuan proses, terutama pembuatan akun LTMPT ,” ujarnya. ,” lanjut Restu.

Sosialisasi SNMPTN dan SBMPTN 2022 yang digelar Unhas terbagi dalam beberapa sesi.

Pada hari pertama, kegiatan sosialisasi diikuti oleh hampir 2.000 peserta dari 16 kabupaten di Sulawesi Selatan yang terdiri dari kepala sekolah, guru, teknisi dan operator IT kepada siswa-siswi pilihan masing-masing sekolah.

Sosialisasi hari kedua diikuti oleh 8 kabupaten/kota yang terbagi dalam dua sesi yaitu sesi pagi dan sesi siang.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, proses seleksi masuk perguruan tinggi diawali dengan pembuatan akun LTMPT. Setiap calon pendaftar baik jalur SNMPTN, SBMPTN, maupun Mandiri di Unhas wajib memiliki akun LTMPT ini.

Masa pembuatan akun LTMPT bagi mahasiswa yang akan mengikuti SNMPTN adalah 10 Januari sd 15 Februari 2022. Sedangkan bagi mahasiswa yang akan mengikuti SBMPTN adalah 14 Februari sd 17 Maret 2022.

Bagi mahasiswa yang akan mengikuti seleksi melalui Jalur Mandiri di Unhas, harus memiliki akun LTMPT ini, karena siswa yang bersangkutan harus terlebih dahulu mengikuti SBMPTN atau memiliki nilai UTBK.

Lulusan SMA yang dapat mendaftar adalah lulusan tiga tahun terakhir yaitu 2020, 2021 dan 2022.

Calon pendaftar dan pihak sekolah juga dihimbau untuk selalu mengacu pada informasi resmi dari LTMPT atau Perguruan Tinggi Negeri yang melakukan seleksi penerimaan.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024