Makassar (ANTARA) - Komunitas Orangtua Anak dengan Down Syndrom (KOADS) Sulawesi Selatan menyiapkan sejumlah kegiatan termasuk sunatan massal dalam menyambut Hari Anak Down Syndrome, pada 21 Maret 2022.

Ketua KOADS Sulsel Andi Rahmatullah, di Makassar, selain kegiatan sunatan massal, pihaknya juga berencana melaksanakan pemeriksaan jantung, pengajian, dan webinar.

"Untuk peserta, kalau dari KOADS sendiri sekarang ada sekitar dua puluh orang," ujarnya.

Andi Rahmatullah menjelaskan, khusus untuk sunatan massal dan pemeriksaan jantung bagi anak dengan down syndrome, KOADS Sulsel sudah berkomunikasi dengan Rumah Sakit Sayang Rakyat.

Selain itu, pelaksanaan hari anak syndrome ini tentu wajib menjalankan protokol kesehatan Apalagi, anak-anak dengan down syndrome termasuk kategori rentan.

Baca juga: BPJAMSOSTEK fasilitasi remaja "down syndrome" ikut vaksinasi COVID-19

Sebelumnya, Yayasan Hadji Kalla bersama Komunitas Orang Tua Anak dengan Sindroma Down (KOADS) menyelenggarakan kegiatan yang berorientasi edukasi terhadap lingkungan di Denassa Botanical Garden, Bontonompo, Kabupaten Gowa.

Kegiatan ini diramaikan oleh 23 orang anak dengan variasi fisik sindroma down yang disertai dengan keluarga mereka.

Dalam kegiatan field trip edukasi ini, panitia pelaksana dan owner Rumah Hijau Denassa telah menyusun alur acara seperti kelas memasak kue onde-onde, pengambilan foto di ampiteater kebun Denassa.

Selanjutnya kegiatan menangkap belalang sambil belajar keanekaragaman hayati dan fungsinya yang berada di kebun Denassa, menanam padi, serta lomba mewarnai.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024