Makassar (ANTARA) - Pembangunan jalan tol untuk mengakses Makassar New Port (MNP) siap mendukung perekonomian Sulawesi Selatan yang menjadi hub untuk Kawasan Timur Indonesia.

Hal itu dikemukakan Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah di sela Ground Breaking Pembangunan Akses Tol MNP (Tahap I dan II) di Makassar, Senin.

Mewakili Menteri PURP Basuki Hadimuljono yang berhalangan hadir, Zainal yang membacakan sambutan Menteri PUPR bahwa Presiden Joko Widodo terus mendorong pembangunan infrastruktur.

"Karena diyakini pembangunan jalan tol di Indonesia akan mendukung ekonomi, sekaligus menurutkan kost di sektor jasa dan transportasi," katanya.

Khusus pembangunan jalan tol untuk akses ke MNP ini, lanjut dia, dilakukan dua tahap. Tahap I merupakan pembangunan tol untuk mengakses MNP, sedang tahap II yang mengarah ke Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Baca juga: Pembangunan jalan tol ke MNP dinilai dorong pertumbuhan ekonomi Makassar

Baca juga: Pembangunan tol akses MNP akan dimulai pada 30 Desember 2021

Pembangunan tersebut, menggunakan prinsip cepat dan tepat, serta menggunakan prinsip "Clear" artinya tidak ada masalah dikemudian hari.

Menanggapi hal itu, Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi Kementerian PUPR yang mendukung pembangunan infrastruktur di Sulsel dan Kota Makassar khususnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Nusantara Infrastructure,Tbk M Ramdani Basri mengatakan, amanah yang diberikan pemerintah untuk membangun tol tersebut akan dijaga dengan baik.

"Tentu kualitas kami jaga, dan juga akan melibatkan pekerja lokal dalam menyerap tenaga kerja di masa pemulihan ekonomi ini," katanya.

Adapun nilai investasi untuk pembangunan jalan tol ini, lanjut dia, sekitar Rp705,2 miliar untuk pembangunan tahap I dan II.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024