Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sidrap bekerja sama dengan PT UPC Sidrap Bayu Energi mendorong optimalisasi potensi wisata di wilayah Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap.

"Salah satunya dengan peresmian Gerbang Masuk Baru PLTB Sidrap yang sebelumnya diadakan lomba desain gerbang masuk PLTB Sidrap pada akhir 2021," kata Kadis Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Sidrap Indah Said Roem di Sidrap, Senin.

Pengoperasian PLTB pertama di Indonesia ini dimulai pada April 2018 dengan kapasitas terpasang 75 MW berlokasi di Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan.

Sementara peresmian gerbang untuk mendukung objek wisata di kawasan PLTB itu, mendapat apresiasi dari pejabat setempat dan para pemenang Lomba Desain Gerbang Masuk PLTB Sidrap tingkat Sekolah Dasar.

Para siswa sekolah dasar di sekitar lokasi PLTB, yaitu Kelurahan Lawawoi, Desa Lainungan, dan Desa Mattirotasi berlomba menyajikan desain terbaik.

Sementara pemenang lomba desain tersebut dijadikan sebagai konsep dasar desain pembangunan gerbang masuk ini.

Pintu PLTB Sidrap terletak di Jalan Nasional yang menghubungkan Kota Parepare dan Kabupaten Sidrap. Karena itu, sebuah gerbang masuk yang dilihat oleh ribuan orang yang lewat dan memandu pengunjung ke lokasi PLTB, menjadi potensi wisata yang menarik.

Kadis mengakui, gerbang ini menjadi daya tarik pariwisata dan berperan sebagai pemandu serta menarik lebih banyak pengunjung untuk datang ke lokasi dan melihat secara langsung energi terbarukan dalam secara riil saat memasok energi bersih berkelanjutan ke jaringan listrik.

Pelibatan siswa SD setempat yang terpilih untuk mengikuti lomba merancang konsep gerbang masuk baru PLTB Sidrap bertujuan meningkatkan rasa memiliki masyarakat Kabupaten Sidrap, khususnya Desa Mattirotasi, Desa Lainungan, dan Desa Lawawoi.

Adapun pemenang lomba desain gerbang masuk PLTB Sidrap yang memenangkan hadiah sepeda dari UPC adalah Hilwa Zakiyah (SDN 3 Lawawoi), Weni Aulia Auri (SDN 2 Lainungan), dan Muh. Putra (SDN 4 Lawawoi), UPC juga memberikan 10 hadiah hiburan bagi peserta terpilih lainnya.

Selain itu, pemenang lomba ini berkesempatan untuk melakukan wisata eksklusif di PLTB Sidrap sebagai perkenalan dini dan menambah pengalaman nyata dalam menyaksikan pemanfaatan energi terbarukan untuk pembangkitan listrik.

UPC berkomitmen dan terus mengembangkan program CSR yang memberikan nilai signifikan dan banyak manfaat positif bagi masyarakat sekitar yang sejalan dengan filosofi dan tujuan UPC dalam mengembangkan EBT untuk lingkungan yang lebih baik dan memberikan dampak positif jangka panjang kepada masyarakat setempat. Ilustrasi suasana di kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Sulsel. Antara/ Suriani Mappong

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024