Makassar (ANTARA) - Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki mengajak umat Islam untuk shalat Idul Adha 1443 Hijriah di Lapangan Sepak Bola Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, pada Minggu (10/7) pagi.

"Saya menghimbau kepada masyarakat (umat Islam) yang ada di wilayah Makassar untuk berdatangan ke lapangan sepak bola Hasanuddin, karena kita menyelenggarakan, menyiapkan sarana atau tempat Shalat Idul Adha di sana," kata Andi Muhammad di Makassar, Sabtu.

Dia mengatakan shalat Idul Adha merupakan momentum untuk menjaga kebersamaan, persatuan dan kesatuan, terutama antarumat beragama. 

"Kita tidak membeda-bedakan ada yang duluan melaksanakan Shalat Idul Adha, yang duluan tidak apa-apa, belakangan juga tidak masalah, kan namanya kita juga toleran dalam menjalankan menurut keyakinan kita," ujarnya.

Selain shalat Idul Adha bersama, lanjut dia, pihaknya bersama jajaran Kodam XIV/Hasanuddin akan menyelenggarakan pemotongan hewan kurban yang selanjutnya dagingnya akan diberikan kepada warga di sekitarnya. 

Dia mengatakan pemotongan hewan kurban akan dilakukan secara bersama-sama usai pelaksanaan shalat Idul Adha di lokasi jajarannya masing-masing. 

Adapun lokasi pemotongan hewan kurban dilakukan di Makodam Jl Urip Sumoharjo sebanyak 13 ekor sapi dan 3 ekor Kambing. Ke enam belas ekor tersebut akan didistribusikan di dalam Makodam dan kepada masyarakat serta Asrama TNI di Makassar. 

Selanjutnya Batalyon Kavaleri (Yonkav) 10/Mendagiri melaksanakan pemotongam hewan kurban di Batalyon sebanyak 5 ekor sapi dan 2 ekor kambing. 

Sedangkan di Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 700/WYC sebanyak 6 ekor sapi dan Batalyon Zeni Tempur (Yonzipur) 8/SMG sebanyak 9 ekor sapi. 

Untuk satuan Bekangdam sebanyak 3 ekor sapi dan 2 ekor kambing. Hubdam sebanyak 3 ekor sapi dan Paldam sebanyak 5 ekor sapi serta Zidam XIV/Hasanuddin sebanyak 2 ekor sapi. 

Kodim 1408/Makassar beserta Koramil jajarannya  sebanyak 6 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Dan Denmadam XIV/Hasanuddin melaksanakan pemotongan hewan kurban sebanyak 4 ekor sapi.

"Jadi total hewan kurban yang dipotong khusus di jajaran Kodam XIV/Hasanuddin sebanyak 53 ekor sapi dan 8 ekor kambing," ujar Andi Muhammad.  
  Suasana penyerahan hewan kurban dari Pangdam XIV/Hasanuddin kepada perwakilan masyarakat di Makassar, Sabtu (9/7/2022). Antara/ HO

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024