Makassar (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 melakukan penanaman sebanyak 2.747 pohon buah di wilayah kerjanya menyambut HUT ke-1 Pelindo.

"Ini sebagai salah satu komitmen program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN dan merupakan rangkaian dari HUT Pelindo yang jatuh pada 1 Oktober 2022," kata Regional Head 4 Pelindo, Enriany Muis di Makassar, Selasa.

Dia mengatakan, kegiatan penanaman pohon buah itu yang diawali di Sigi, Sulawesi Tengah selain untuk kegiatan HUT Pelindo juga merupakan upaya aksi perubahan iklim dan berkolaborasi dengan Human Initiative, sebuah lembaga kemanusiaan ini berlangsung di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Menurut dia, penanaman sebanyak 2.747 pohon buah ini merupakan rangkaian dari Program Penanaman 10.000 pohon dalam rangka memeriahkan perayaan HUT Pelindo yang pertama pada 1 Oktober 2022.

"Juga merupakan salah satu komitmen program TJSL BUMN yaitu penanaman 1 juta pohon.

Komitmen Pelindo adalah melaksanakan program penanaman pohon buah atau pohon produktif sebanyak 10.988 batang pohon,” terang Enriany.

Dia menuturkan, jumlah pohon buah yang ditanam sebanyak 10.988 batang pohon, sesuai dengan jumlah pegawai organik dan non organik pada induk perusahaan Pelindo pada 2021 yang dilakukan oleh empat regional dan kantor pusat, sehingga jumlah yang ditanam di masing-masing regional adalah 2.747 batang pohon.

Adapun jenis bibit pohon buah yang ditanam antara lain nangka, jeruk, langsat, lengkeng, manggis, kelapa, durian, mangga, jambu kristal dan jambu delly, serta pohon buah naga.

Selain penanaman pohon buah yang dilaksanakan oleh Pelindo Regional 4 di Sigi, Sulteng juga akan dilaksanakan penanaman pohon keras di wilayah Sulawesi Tenggara.

Sementara itu, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Sigi, Iskandar Nontji mengatakan, Sigi Hijau adalah salah satu program pemerintah untuk memanfaatkan lahan yang kurang potensial.

Dia mengapresiasi kerja sama dengan Pelindo untuk menghijaukan Sigi dan berharap ada kerja sama berikutnya. Suasana penanaman pohon yang dilakukan Regional Head 4 Pelindo, Enriany Muis bersama jajaran dan Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Sigi, Iskandar Nontji. ANTARA/HO- Pelindo Regional 4

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024