Makassar (ANTARA) - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, menawarkan sejumlah destinasi unggulan bagi peserta atau rombongan kontingen Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulsel di Sinjai, 22-30 Oktober 2022.

Kadisparbud Sinjai Yuhadi Samad saat dikonfirmasi dari Makassar, Minggu, mengatakan ada sejumlah lokasi wisata yang jaraknya dekat dengan pusa kota yang dijadikan lokasi venue Porprov 2022.

"Diantaranya obyek wisata Benteng Balangnipa, Taman Purbakala Batu Pake Gojeng, Wisata Kuliner Lappa dan Hutan Mangrove Tongke-Tongke yang jaraknya tempuhnya antara 5 hingga 15 menit," ujarnya.

Ia menjelaskan, pihaknya saat penerimaan kontingen Porprov Sulsel 2022 sudah membagikan brosur terkait objek wisata yang ada. Pihaknya berharap peserta bisa mengunjungi pada saat tidak bertanding atau sementara kosong jadwal pertandingan.

Disparbud Sinjai juga mengaku optimis pendapatan asli daerah (PAD) dari kunjungan wisata di daerah itu akan semakin meningkat dengan pelaksanaan ajang olahraga multievent terbesar di Sulawesi Selatan tersebut.

Pemasukan penghasilan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata Kabupaten Sinjai selama libur Idul Fitri 1443 Hijriah Tahun 2022 saja sudah mencapai Rp 145 juta.

Pihaknya optimistis jumlah pemasukan akan lebih besar karena peserta Porprov mencapai puluhan ribu orang yang berasal dari 23 kabupaten dan kota se-Sulsel.

"Semoga pemasukan PAD kita dari sektor pariwisata lebih meningkat pada tahun ini dengan pelaksanaan Porprov Sulsel di Kabupaten Sinjai," jelasnya.


Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024