Makassar (ANTARA Sulsel) - Perum Bulog Sub Divre Parepare, Sulsel menyerap beras petani sebanyak 61.557 ton pada Januari - April 2013.

"Realisasi pengadaan beras kwartal pertama 2013 ini mencapai 135 persen dari target 45.500 ton pada Januari - April 2013," kata Kepala BULOG Sub Divre Wilayah II Parepare Sabaruddin Amrullah di Makassar, Kamis.

Dia mengatakan, peningkatan produksi beras yang sedang terjadi saat ini telah memicu harga beras relatif stabil. Akibatnya, kondisi itu juga mendorong penyerapan beras petani ke gudang-gudang Bulog.

"Pada kwartal pertama 2013, terjadi peningkatan serapan produksi petani sebesar 125 persen," katanya.

Dia mengatakan, realisasi pengadaan tersebut jauh lebih besar dibandingkan periode yang sama pada tahun 2012 yang hanya 49.340 ton.

Adapun mitra Perum Bulog Sulsel yang membantu penyerapan produksi petani di lapangan diantaranya Satgas (Satuan Tugas) dan Mitra kerja.

Selain itu juga mengerahkan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), Koperasi Unit Desa (KUD), serta Unit Pengelolaan Gabah (UPG) di wilayah kerja B Subdivre Wilayah II Parepare.

Sementara itu, pengadaan beras atau gabah pada Subdive Parepare, lanjut Sabaruddin, selain untuk menjaga kestabilan harga di lapangan, juga untuk kebutuhkan "movenas" untuk pemerataan stok ke wilayah yang kekurangan bahan pangan.

"Misalnya wilayah Indonesia Bagian Barat, wilayah Indonesia Bagian Tengah, dan wilayah Indonesia Bagian Timur," katanya.

Editor : Agus Setiawan

Pewarta : Suriani Mappong
Editor :
Copyright © ANTARA 2024