Makassar (ANTARA) - Kepala Kanwil Kemenag Sulawesi Selatan Khaeroni mengatakan pihaknya tengah mempersiapkan beberapa strategi untuk memberikan pelayanan khusus pada jamaah calon haji kategori lansia pada musim Haji 2023.

'Kami telah mempersiapkan beberapa strategi termasuk memberikan pelatihan pada panitia haji untuk penanganan jamaah calon haji lansia," kata Khaeroni di Makassar, Selasa.

Dia mengatakan, pentingnya persiapan tersebut dengan memberikan pelatihan pada panitia haji untuk mengantisipasi pelayanan yang diberikan pada jamaah calon haji usia lansia yang akan diberangkatkan melalui Embarkasi Haji di Asrama Sudiang, Makassar.

Adapun jumlah jamaah calon haji lansia yang akan diberangkatkan pada musim haji tahun ini berjumlah 62.879 orang calon haji.

Dari jumlah tersebut calon haji lansia asal Sulawesi Selatan tercatat sebanyak 364 orang. karena itu untuk pelayanan jamaah calon haji lansia perlu mendapat perhatian ekstra.

"Karena pelayanan jamaah calon haji lansia  berbeda dengan yang umum, perlu kecermatan tersendiri," ujarnya.

Mencermati kondisi tersebut, hal itu akan menjadi tantangan tersendiri bagi panitia haji, mulai dari layanan konsumsi, kesehatan dan sebagainya.

Sebagai gambaran untuk layanan konsumsi, perlu dipilihkan makanan yang mudah dicerna oleh jamaah calon haji lansia.

Termasuk memperhatikan layanan transportasi yang melayani perpindahan dari satu tempat ke tempat lain bagi jamaah lansia harus lebih diperhatikan.

"Misalnya apakah membutuhkan kursi roda atau transportasi pendukung lainnya itu harus diperhatikan oleh pihak panitia haji," kata Khaeroni.*

Ilustrasi - Pemeriksaan jamaah calon haji di Poliklinik Assyifa di Embarkasi Hasanuddin Makassar. Antara/Suriani Mappong

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024