Gorontalo  (ANTARA Sulsel) - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan mandat kepada Universitas Negeri Gorontalo (UNG), untuk membuka sembilan Program Studi (Prodi) baru.

Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Djoko Santoso, Sabtu, mengatakan, mandat tersebut diberikan karena UNG dinilai telah memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam menyelenggarakan kesembilan prodi.

Sembilan prodi tersebut, yakni Ekonomi Pembangunan (S1), Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (S2), Biologi, Fisika, Kimia (S1), Matematika (S1), Statistika (S1), Pendidikan IPA (S1) dan Ners (profesi).

"Kami ingin menyiapkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Gorontalo, dengan memberi pilihan program studi yang lebih banyak kepada para siswa yang baru lulus," katanya di Gorontalo.

Ia juga meminta Rektor UNG Syamsu Qamar Badu untuk segera menyiapkan penyelenggaraan prodi tersebut, dengan mengacu pada ketentuan yang ada.

Rektor UNG menyatakan kesiapannya untuk membuka program studi tersebut, dan optimis banyak calon mahasiswa yang akan berminat.

Dirjen Dikti juga meresmikan langsung gedung kampus baru di UNG untuk Fakultas Ilmu Sosial dan Politik serta Fakultas Pertanian.

Sementara itu sejumlah siswa tamatan SMA menyambut baik rencana dibukanya sembilan prodi tersebut.

"Saya ingin kuliah Biologi murni. Selama ini yang tersedia hanya Pendidikan Biologi, sehingga kurang pas dengan rencana dan minat saya," kata Ismail Mohamad, salah seorang siswa. Hence Paat

Pewarta : Debby Hariyanti Mano
Editor :
Copyright © ANTARA 2024