Mamuju (ANTARA) - Plt Gubernur Sulbar Akmal Malik menyebutkan, pembangunan dan pengoperasian Plaza Karampuang di Kabupaten Mamuju bertujuan untuk menggerakkan perekonomian daerah, khususnya sektor pariwisata.

“Peluncuran Plaza Pulau Karampuang ini merupakan upaya Pemprov Sulbar untuk menggairahkan pariwisata dan perekonomian di Pulau Karampuang dan Sulbar pada umumnya,” kata Akmal Malik saat peluncuran Plaza Pulau Karampuang di Mamuju, Senin.

Peluncuran ditandai dengan pemukulan gendang sekaligus penandatanganan prasasti oleh Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik bersama Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi dan jajaran Forkopimda Sulbar.

Pj Gubernur mengatakan, apa yang dilakukan merupakan bentuk kecil yang bisa dilakukan Pemprov Sulbar untuk kemudian diserahkan ke Pemkab Mamuju.

“Ini baru permulaan, selanjutnya akan ditangani oleh Bupati Mamuju. Apalagi Pulau Karampuang merupakan destinasi wisata yang menjadi pilihan karena sangat indah dan masyarakatnya ramah,” kata Akmal Malik.

Keberhasilan pembangunan Plaza Karampuang, kata Akmal Malik, juga berkat dukungan TNI yakni Korem 142 Tatag yang mampu menyelesaikan pembangunan dalam waktu 39 hari.

“Saya juga bersyukur karena Tugu Karampuang juga dibangun di Pulau Karampuang, termasuk 12 unit kios UMKM.
Warga yang dulunya punya warung di sini diprioritaskan dan diberikan gratis,” kata Akmal Malik.

Pemprov Sulbar, lanjutnya, juga akan melaksanakan kegiatan bulanan, sebagai pemantik untuk terus menggairahkan pariwisata di daerah tersebut.

Ia meminta Dinas Pariwisata berkoordinasi dengan seluruh dinas di kabupaten untuk melakukan kegiatan di Pulau Karampuang.

Pj Gubernur mengatakan sektor pariwisata akan mendorong ekonomi pulau itu, termasuk ketersediaan listrik dan pengelolaan limbah.

“Ini merupakan kerjasama antara pemerintah kabupaten dan provinsi. Kami ingin tempat ini menjadi contoh bagaimana menggairahkan sektor lain di Sulbar,” jelas Akmal Malik.

Sementara itu, Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi mengaku senang karena Pulau Karampuang kini kembali ramai dikunjungi.

“Ini semua atas prakarsa Plt Gubernur untuk membangun Pulau Karampuang. Pemkab juga punya aset di sini dan kami serahkan tanah kabupaten ke Pemprov Sulbar. Ini kerjasama yang baik yang bisa kita nikmati bersama,” kata Sutinah .

Ia berharap apa yang dibangun bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Pulau Karampuang.

“Apalagi dengan hadirnya Plaza Karampuang dapat meningkatkan perekonomian dan membantu para pelaku UMKM,” ujar Sitti Sutinah Suhardi.

Acara peluncuran Karampuang Plaza juga dirangkaikan dengan sejumlah kegiatan, seperti festival dayung, jambore wisata bahari, wisata sepeda Karampuang, fashion show dan pameran produk UMKM.

Berita ini juga telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gubernur: Pembangunan Karampuang Plaza untuk mendongkrak pariwisata Sulbar

Pewarta : Amirullah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024