Mamuju (ANTARA) - Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) Kodim 1402/Polewali Mandar, Sulawesi Barat menyiapkan sumber air bersih bagi warga Desa Ongko.

"TMMD hadir untuk membantu masyarakat yang kesulitan, termasuk kesulitan mendapatkan air bersih," kata Komandan Satgas TMMD Kodim 1402/Polewali Mandar Letkol Czi Masni Etha Yanurianedhi di Mamuju, Selasa.

Penyiapan sarana air bersih bagi masyarakat Desa Ongko, Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polewali Mandar itu, kata dia, salah satu program fisik TMMD Ke-116 Kodim 1402/Polewali Mandar.

"Kegiatan ini merupakan program manunggal air. Ini merupakan program dari Kepala Staf Angkatan Darat dengan tujuan membantu kebutuhan masyarakat akan air bersih," kata Masni Etha Yanurianedhi yang juga Komandan Kodim 1402/Polewali Mandar.

Program manunggal air, kata dia, juga wujud kehadiran TNI Angkatan Darat di tengah masyarakat dan sebagai solusi untuk kesulitan warga memenuhi kebutuhan air bersih.

Sasaran fisik lainnya pada pelaksanaan TMMD Ke-116 Kodim 1402/Polewali Mandar, yakni manungal MCK, perintisan dan pelebaran jalan sepanjang 1.400 meter, pembuatan empat duicker dan pembuatan abutment serta jembatan 14x4 meter.

Sasaran non-fisik, berupa penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan kamtibmas, penyuluhan hukum, penyuluhan pertanian, penyuluhan KB kesehatan, penyuluhan perikanan/peternakan, penyuluhan stunting, dan bakti sosial donor darah.

"Sasaran tambahan lainnya juga sementara berlangsung. Tentunya, kegiatan ini untuk mempermudah akses perekonomian masyarakat Desa Ongko," katanya.

Kepala Desa  Ongko Sahariah menyatakan bersyukur atas kehadiran TMMD di desa itu.

"Saya bersama masyarakat Desa Ongko merasa sangat bersyukur atas kehadiran program TMMD di desa kami. Bukan hanya membangun jalan, namun sarana air bersih dan MCK juga tidak luput dari perhatian Satgas TMMD," kata dia.

Pewarta : Amirullah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024