Makassar (ANTARA) - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) RI Laksamana TNI Muhammad Ali bersama Wali Kota Makassar meresmikan monumen Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023, di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (7/6).

Laksamana TNI Muhammad Ali di Makassar, Rabu, menyampaikan bahwa monumen itu merupakan simbol dari pelaksanaan MNEK ke-4 di Kota Makassar.

"Monumen ini adalah simbol bahwa Multilateral Naval Exercise Komodo yang ke-4 dilaksanakan di Makassar," ujarnya.

Menurut Ali, Kota Makassar merupakan tempat yang sangat strategis, khususnya bagi suku Bugis-Makassar yang telah memiliki tradisi melaut selama berabad-abad.

Ia pun merepresentasikan komitmen bersama dalam persatuan maritim internasional dan satu arah dalam berkontribusi menjaga perdamaian maritim dalam region.

"Monumen ini juga merupakan simbol apresiasi tertinggi dalam dedikasi dan partisipasi MNEK ke-4," ucap Ali lagi.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan monumen MNEK dibangun di Kawasan Center Point of Indonesia (CPI), dan didesain khusus oleh dirinya.

"Jadi idenya dari saya langsung. Desainnya saya yang buat," kata Danny -- sapaan akrab Ramdhan Pomanto.

Dia menyampaikan ada makna di setiap bentuk monumen tersebut, seperti patung Komodo, ikon nasional yang merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia.

"Komodo ikon nasional, jadi di atas. Kemudian ada bola dunia, dan pedang itu ikon angkatan laut. Pedang poranya, kira-kira begitu. Baru ada 36 tanda tangan dari semua delegasi," ungkapnya.

Danny mengaku tidak pernah membayangkan kawasan reklamasi CPI itu bisa menjadi bagian dari sejarah MNEK, yakni latihan non-perang dengan melibatkan Angkatan Laut (AL) dari 36 negara.

"Sekarang monumen itu ada di sini, itu akan selalu mengingatkan kita bahwa MNEK pernah ada di sini. Ini juga akan menjadi warisan budaya bagi generasi penerus kita untuk menceritakan kisahnya melalui bentuk dan simbol," tutur Danny Pomanto.

Berita ini juga telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kasal RI dan Wali Kota Makassar resmikan monumen MNEK

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024