Makassar (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar kembali ditunjuk sebagai Pelaksana Wirausaha Merdeka (WMK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) pada 2023.

Ketua Tim Hibah Program WMK Unismuh Makassar yang juga Wakil Rektor II Unismuh Andi Sukri Syamsuri di Makassar, Jumat, mengatakan program wirausaha merdeka pada 2023 melibatkan 34 perguruan tinggi dengan menargetkan 12.000 mahasiswa ikut dalam kegiatan tersebut.

Ia menjelaskan program tersebut diberikan selama satu semester kepada mahasiswa untuk belajar tentang kewirausahaan.

“Tahun lalu program ini dilaksanakan di 17 perguruan tinggi, diikuti sekitar 10.000 mahasiswa. Kebetulan tahun lalu, Unismuh membina sekitar 1.000 mahasiswa, baik dari Unismuh maupun puluhan kampus lainnya,” kata Andis, sapaan akrab Andi Sukri Syamsuri.

Beberapa kampus terkemuka di Indonesia juga menjadi pelaksana program ini, antara lain Universitas Indonesia dan UGM,

Dia mengatakan kesuksesan Unismuh sebagai pelaksana WMK mendapat apresiasi dari Kemdikbudristek, dengan pemberian penghargaan sebagai Pelaksana WMK terbaik dari segi kepatuhan administrasi.

Ia menambahkan prestasi ini merupakan kado bagi Milad 60 Unismuh Makassar yang akan diperingati pada Senin (19/6).

Rektor Unismuh Makassar Ambo Asse menyampaikan syukur atas pencapaian tersebut.

Menurutnya, hal itu salah bukti pengakuan dari pemerintah bahwa Unismuh berhasil melakukan pembinaan kewirausahaan.

“Alhamdulillah, kewirausahaan merupakan salah satu pilar penting yang dikembangkan dalam kurikulum di Unismuh Makassar. Program ini akan lebih memperkuat pembinaan kewirausahaan yang kami kembangkan selama ini,” kata dia.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024