Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Pemprov Sulbar) akan membangun indeks pembangunan manusia (IPM) untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

"Sulbar harus melahirkan orang yang sehat dan cerdas, karena dengan begitu provinsi ini akan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah, sehingga IPM harus ditingkatkan," kata Penjabat Gubernur Sulbar, Prof Zudan Arif Fakhrullah di Mamuju, Senin.

Ia mengatakan Pemprov Sulbar akan mengarahkan kebijakannya untuk meningkatkan IPM dengan menekan angka anak putus sekolah (ATS).

"Akan dilaksanakan program penanganan anak tidak sekolah (PPATS) di Sulbar sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam meningkatkan IPM," katanya.

Menurut dia, seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemprov Sulbar diminta bekerja dan berkolaborasi dalam melaksanakan program untuk meningkatkan IPM agar dapat terus meningkat.

"APBD Provinsi Sulbar ataupun APBD yang dikelola seluruh pemerintah Kabupaten di Sulbar akan diarahkan untuk meningkatkan IPM agar terus meningkat," katanya.

Menurut dia, IPM terus ditingkatkan karena akan berdampak bagi pembangunan ekonomi Sulbar, sebab jika IPM tidak meningkat maka ekonomi daerah juga tidak akan tumbuh dan berkembang.

"IPM Sulbar masih sangat rendah dan berada pada peringkat ke-31 dari seluruh daerah di Indonesia dan berpengaruh pada kehidupan ekonomi Sulbar," katanya.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024