Makassar (ANTARA) - Bupati Bulukumba HA Muchtar Ali Yusuf dan Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Prof Dr Jamaluddin Jompa membahas peluang kerja sama pengembangan sektor agro maritim.

Bupati Muchtar Ali melalui keterangannya di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat, banyak memberikan penjelasan tentang berbagai potensi sumber daya alam yang dimiliki daerah dan beberapa tantangan yang dihadapi.

"Kunjungan Unhas di Bulukumba menjadi bentuk perhatian kepada daerah. Di Bulukumba, kontribusi daerah bersumber dari sektor kelautan dan pertanian. Kerja sama dengan Unhas kedepannya kita harapkan bisa semakin mendorong penguatan daerah Bulukumbu dalam berbagai sektor," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa mengatakan pihaknya memang memiliki komitmen untuk memberikan dukungan bagi pembangunan daerah sesuai dengan kapasitas yang dimiliki.

Ia juga memberikan gambaran tentang capaian yang diperoleh Unhas, termasuk produk inovasi unggulan yang dihasilkan salah satunya bibit unggul jagung.

Menurutnya, kolaborasi Unhas dan Pemkab Bulukumba, terutama dalam sektor maritim dan pertanian, akan memberikan dampak positif terhadap pembangunan daerah.

"Salah satu inovasi yang dihasilkan Unhas adalah bibit unggul jagung jago. Bibit ini nantinya jika Pak Bupati izinkan bisa kita kembangkan di Bulukumba untuk mendorong peningkatan produksi pertanian. Unhas secara umum tentu akan memberikan kontribusinya untuk pengembangan daerah," ucapnya. 

Secara umum kunjungan Rektor Unhas beserta rombongan ke Kabupaten Bulukumba dalam rangka menghadiri temu alumni Unhas di wilayah tersebut. Rektor Unhas dan jajaran pimpinan lainnya bertemu dan makan malam bersama Ikatan Keluarga Alumni (IKA) di Kabupaten Bulukumba.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024