Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan sedang membangun Bumi Perkemahan (Buper) Cadika yang merupakan miniatur dari Buper Cibubur, Jakarta.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan di Makassar, Senin mengatakan Bumi Perkemahan Cadika akan menjadi Buper yang layak dan memadai untuk dilaksanakan kegiatan-kegiatan kepramukaan seperti Raimuna di wilayah Indonesia Timur.

"Jadi saat ini kita sementara membangun Buper Cadika yang merupakan miniatur dari Buper Cadika. Jadi, nantinya kwarda Pramuka di Indonesia Timur yang akan menggelar kegiatan kepramukaan, bisa menggunakan Buper Cadika, tidak perlu jauh-jauh ke Cibubur," katanya.

Adnan menyebut jika pembangunan Buper Cadika itu sudah berlangsung sejak setahun lalu dan telah dianggarkan Rp5 miliar pada 2022.

Untuk kelanjutan pembangunannya, Pemkab Gowa kembali menganggarkan Rp10 miliar untuk tahun anggaran 2023 dan diharapkan pembangunannya akan cepat selesai dan bisa digunakan untuk kegiatan kepramukaan.

"Insyaallah nantinya jika ingin berkegiatan pramuka khusus di Indonesia Timur, tidak perlu datang ke Buper Cibubur, Jakarta, tapi cukup datang ke Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan," terangnya.

Sebelumnya, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman saat apel besar pengiriman kontingen Pramuka ke Raimuna Nasional di Cibubur, Jakarta mengatakan orang-orang yang mengikuti Pramuka selalu mencari tantangan, bahkan organisasi ini bisa di segala medan.

"Sesuai dengan Dasadharma Pramuka, anak-anak kita yang ikut memiliki kedisiplinan tinggi, mentalitas yang kuat. Sehingga jadi anak pramuka harus berbangga karena mental itu bisa terbentuk sejak siaga, penggalang hingga penegak," katanya.

Andi Sudirman yang juga Ketua Mabida Pramuka Sulsel berharap, seluruh peserta Kontingen Sulsel yang ikut pada Raimuna Nasional ini bisa menjadi pemimpin cerdas dan memiliki moral kepemimpinan dengan akhlak yang baik.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024