Makassar (ANTARA) - Tim futsal SMA Negeri 8 Makassar berhasil menyisihkan 160 sekolah lainnya di Regional Sulawesi dan melaju ke babak grand final Turnamen Futsal AXIS Nation Cup 2023 yang diikuti 1.200 sekolah dari 30 kota di seluruh Indonesia. 

Group Head XL Axiata Sulawesi Region Mozes Baottong di Makassar, Ahad, mengatakan turnamen futsal AXIS Nation Cup 2023 telah memasuki babak grand final dan ada empat tim dari empat provinsi berbeda yang telah memastikan tiket tersebut.

"Selamat kepada tim dari empat sekolah di 4 provinsi yang telah berhasil melangkah sejauh ini menjadi juara di provinsi masing-masing dan telah berebut tiket grand final di Jakarta," ujarnya.

Mozes mengatakan keempat finalis dari berbagai provinsi itu adalah bibit-bibit muda yang memiliki motivasi tinggi untuk meraih prestasi di tingkat nasional.

Pihaknya pun mengaku sangat antusias untuk memfasilitasi mereka untuk mengejar impian, dengan menggelar turnamen futsal tingkat SMA terbesar di Indonesia itu.

"Kami berharap dapat berkontribusi dalam memacu prestasi olahraga di kalangan pelajar, sekaligus memperkuat brand positioning AXIS di segmen anak muda. Harapan kami juga, tim sekolah dari Sulawesi bisa menjadi pemenang di babak Grand Final AXIS Nation Cup di Istora Senayan, Jakarta," harapnya.

Ia menjelaskan bahwa pemenang babak penyisihan di setiap provinsi, berhak maju mewakili provinsinya di babak regional dan khusus Regional Sulawesi telah berlangsung di Makassar sejak 23 September 2023. 

Pemenang babak regional ini akan langsung bertanding mewakili region Sulawesi di Grand Final. Khusus di Region Sulawesi, total ada 160 tim futsal sekolah yang mengikuti turnamen. 

"Secara nasional, turnamen futsal AXIS Nation Cup 2023 ini diikuti 1.200 sekolah dari 30 kota di seluruh Indonesia," katanya.

Sebelumnya, empat tim futsal sekolah dari empat kota antara lain Makassar (Sulsel), Manado (Sulut), Palu (Sulteng) dan Gorontalo (Gorontalo) berebut tiket ke Grand Final AXIS Nation Cup 2023.

Keempat sekolah tersebut adalah SMAN 3 Manado, SMAN 8 Makassar, SMKN 2 Palu dan SMAN 1 Gorontalo. Keempat tim sekolah itu sudah menyisihkan puluhan sekolah di masing-masing area, yaitu area Makassar, Manado, Palu dan Gorontalo.

Total ada 160 tim sekolah yang mengikuti turnamen tersebut di Regional Sulawesi. Perebutan tiket grand final berlangsung di Maesa Garkindo Futsal Arena, Makassar, Sabtu (23/9) dan SMAN 8 Makassar keluar sebagai pemenangnya.

"Turnamen futsal di babak regional ini menerapkan sistem turnamen grup. Di Makassar, pemenang babak penyisihan di setiap provinsi, bertanding mewakili provinsinya di babak regional yang berlangsung di Makassar, 23 September 2023," terangnya. 

Sementara pemenang babak regional ini langsung bertanding mewakili Region Sulawesi di Grand Final. Tim SMAN 8 Makassar sebagai juara babak regional Sulawesi di Makassar, akan mewakili sekolah dari Region Sulawesi. 

Di babak grand final, total akan ada 10 tim yang akan bertanding memperebutkan juara AXIS Nation Cup 2023. Lokasi grand final di Istora Senayan, Jakarta, pada 15 Oktober 2023. 
 
Keempat tim sekolah yang juara di provinsi masing-masing berhak atas hadiah sebagai juara babak penyisihan berupa uang pembinaan sebesar Rp6.000.000. 

Untuk wilayah Region Sulawesi, babak penyisihan digelar sesuai dengan wilayah masing-masing, yaitu di GOR VISTA untuk di Manado, Futsal Upnormal (Gorontalo), GOR GBK Arena (Palu) dan GOR Sudiang (Makassar).

Secara nasional, turnamen futsal AXIS Nation Cup 2023 ini diikuti 1.200 sekolah dari 30 kota di seluruh Indonesia. Para pemenang turnamen akan menerima total hadiah sebesar Rp 270 juta. Selain hadiah uang tunai, ada juga hadiah berupa kesempatan untuk mengikuti program camp di salah satu klub sepakbola ternama bagi lima pemain terbaik di ajang ini.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024