Makassar (ANTARA Sulsel) - Wali Kota Makassar terpilih Danny Pomanto menyatakan kesiapannya mengakomodir program Tamsil Linrung terkait bantuan pinjaman modal usaha bagi masyarakat di ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan itu.

Danny Pomanto di Makassar, Senin, mengatakan meski siap mengakomodir program dana pinjaman, namun pihaknya akan mengecek terlebih dahulu khususnya terkait jumlah bantuan modal yang akan diberikan.

Tamsil Linrung pada Pilkada Makassar lalu menjanjikan pemberian bantuan modal usaha sebesar Rp10 juta per kepala keluarga.

"Soal jumlah bantuan modal yang akan diberikan itu yang perlu kita sesuaikan dengan anggaran. Kami memang berupaya mengakomodir program yang dibutuhkan masyarakat," katanya.

Selain masalah program, pihaknya juga mengaku berupaya merangkul seluruh pesaing pada pilkada lalu demi membangun Makassar yang semakin baik.

"Dukungan seluruh pihak tentu kita perlukan demi perkembangan Makassar ke depan. Kami juga berharap program waktu kampanye lalu bisa berjalan maksimal," kata pria yang juga berprofesi sebagai arsitek tersebut.

Pada saat kampanye lalu, pasangan Danny Pomanto-Syamsul Rizal (DIA) menjanjikan sejumlah program di antaranya menyiapkan jaminan sosial keluarga serbaguna dan pelayanan kesehatan darurat gratis ke rumah 24 jam.

Selain itu juga ada program penukaran sampah dengan beras dan training keterampilan gratis serta pemberian dana bergulir tanpa agunan.

Prioritas pasangan DIA lainnya yakni pelayanan publik dan bebas korupsi. Implementasinya akan dilakukan dengan meningkatkan pendapatan daerah hingga Rp1 triliun, insentif progresif aparat RT/RW Rp1 juta per bulan, alokasi Rp2 miliar per tahun untuk kelurahan, dan layanan publik langsung ke rumah.

Sementara untuk visi menjadikan Makassar sebagai kota yang nyaman, DIA berjanji akan mengatasi kemacetan arus lalu lintas kendaraan, banjir, dan sampah.

Pasangan ini juga memprogramkan waterfront city, sistem transportasi publik, penataan lorong, infrastruktur kota berkelas dunia serta membangun biringkanal citu dan delapan ikon kota baru lainnya.

Sejumlah program tersebut membutuhkan dukungan seluruh pihak khususnya DPRD Makassar agar pasangan DIA efektif dalam menjalankan pemerintahan ima tahun ke depan. T Susilo

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024