Makassar (ANTARA) - Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara, Sulsel  memastikan ketersediaan anggaran Pemili 2024 ditandai penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) bersama KPU dan Bawaslu masing-masing, Selasa.

"Kami sudah sepakat dengan KPU dan Bawaslu untuk menandatangani NPHD. Tentu kami siap mendukung seluruh perangkat penyelenggara Pilkada di tahun 2024," ujar Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang di Toraja.

Ia berharap ke depannya Pemilu dan Pilkada bisa berjalan dengan baik, aman dan damai. Pihaknya menganggarkan Rp26 miliar lebih untuk KPU, dan Rp8 miliar untuk Bawaslu.

"Ada untuk keamanan, TNI dan Polri, tapi nilai nominalnya saya lupa," ujarnya.

Ia mengaku, sudah menyelesaikan bersama dengan tim anggaran khusus untuk NPHD Pemilu dan Pilkada serentak 2024.

Dia menyampaikan terima kasih atas kehadiran Pj Gubernur Sulsel bersama seluruh rombongan dalam penandatanganan NPHD tersebut.

Terpisah, Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung, menegaskan, pihaknya siap mendukung Pemilu yang damai, demi mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur.

"Kami dari pemerintah kabupaten sampai dengan pemerintah desa siap mendukung Pemilu damai," imbuhnya.

Penandatanganan NPHD Tana Toraja dan Toraja Utara ini disaksikan langsung oleh Pj Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin.

Gubernur Bahtiar mengatakan, penandatanganan NPHD yang dilakukan Pemerintah Toraja Utara maupun Bupati Tana Toraja, merupakan sebuah kewajiban dan perintah undang-undang.

"Khusus untuk Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 wajib diselesaikan anggarannya dan diserahkan kepada KPU, Bawaslu dan aparat keamanan, sebagai anggaran operasional Pemilu dan Pilkada Serentak 2024," tutupnya.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024