Makassar (ANTARA) - Bupati Luwu Timur Sulawesi Selatan Budiman mendorong para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) agar memanfaatkan teknologi dan inovasi dalam mengembangkan produknya.

"Sekarang adalah dunianya teknologi dan informasi. Kita harus beradaptasi dan memanfaatkan teknologi untuk pengembangan produk serta penetrasi pasar," ujar Budiman di Luwu Timur, Senin.

Budiman saat membuka pelatihan peningkatan kualitas UMKM bagi para pelaku usaha mengatakan salah satu wujud implementasi pemberdayaan UMKM adalah adanya kegiatan pelatihan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman pelaku usaha dalam mengelola bisnis.

Ia menyatakan perhatian pemerintah daerah terhadap upaya-upaya pengembangan UMKM di Luwu Timur hendaknya dimaknai secara positif oleh para pelaku usaha sehingga apa yang telah diberikan dapat dimanfaatkan secara optimal sesuai dengan peruntukannya.

Budiman mengaku pemerintah dalam melakukan pembinaan dan pengembangan UMKM belum maksimal, sehingga diharapkan iklim berusaha lebih memudahkan dalam mengatasi setiap permasalahan yang dihadapi.

“Saya berharap pelatihan ini dijadikan langkah awal untuk meningkatkan kualitas produk dan pelayanan, sekaligus menjadi faktor penting untuk ikut mensukseskan visi Kabupaten Luwu Timur,” terangnya.

Bupati berharap ke depan pengelolaan UMKM yang berada di Luwu Timur dapat berkembang lebih profesional dengan memanfaatkan perkembangan teknologi untuk terus melakukan inovasi agar dapat mandiri dan berdaya saing.

“Mudah-mudahan pelatihan ini bisa mengalami peningkatan terutama dalam produktifitas maupun kesejahteraan, sehingga saya berharap setelah kegiatan ini ilmunya dapat dibagi kepada yang lain bukan hanya ilmu dunia yang ditambah tetapi juga ilmu spiritual,” ucapnya.

Pada kesempatan itu juga Bupati Luwu Timur menyerahkan sertifikat halal kepada beberapa pengelola UMKM.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024