Makassar (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kota Makassar, M. Ansar menerima kunjungan rombongan Komisi IX DPR RI untuk melihat implementasi, strategi, dan kebijakan capaian imunisasi BIAN dan BIAS di seluruh Indonesia.

"Selamat datang rombongan Komisi IX DPR RI di Kota Anging Mammiri Makassar. Makassar punya slogan baru, Kota Makan Enak. Semoga kita bisa nyaman di kota ini," ujarnya di Makassar, Kamis.

M. Ansar menyampaikan pelaksanaan imunisasi yang dicanangkan oleh pemerintah pusat telah ditindaklanjuti di Kota Makassar dengan cara berkolaborasi dan melibatkan seluruh pihak terkait.

Dia menyatakan capaian Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) dan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di Kota Makassar melampaui target nasional yakni di angka lebih 98 persen.

"Yang pasti BIAN dan BIAS di Kota Makassar melampaui target nasional. Secara nasional target ditetapkan 95 persen, sementara kami hampir mencapai 100 persen," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komisi IX DPR RI, Felly Estelita Runtuwene menyampaikan bahwa terkait pengawasan ini, akan mengunjungi tiga wilayah yakni Makassar, Maros dan Gowa.

Rombongan terdiri dari beberapa anggota komisi IX DPR RI dan juga staf ahli Menkes Bidang Ekonomi Kesehatan, Bayu Teja Muliawan; Deputi Direksi Wilayah IX BPJS Kesehatan, Yessi Kumalasari; Sekretaris Direktorat Jendral Kefarmasiaan dan alat Kesehatan, Dita Novianto Sugandi Argadiredya dan Direktorat Imunisasi, Diany Litasari.

Dalam kesempatan itu. Felly Estelita, menyampaikan pentingnya imunisasi sebagai investasi kesehatan, apalagi anak-anak yang mengikuti BIAN dan BIAS akan memasuki generasi emasnya pada 2045.

"Pemerintah telah menerapkan aturan tentang imunisasi rutin lengkap sebagai prasyarat pendaftaran masuk sekolah dasar melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri tahun 2022," tuturnya.

Selain itu, Felly Estelita memberikan apresiasi atas peningkatan capaian vaksin yang telah dilakukan Pemkot Makassar.

"Apresiasi untuk Makassar mampu mencapai 100 persen Universal Child Immunization (UCI), sesuai dengan target yang diberikan," ucapnya.*

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024