Makassar (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin bersama Penjabat Bupati Bone Islamuddin menebar 20 ribu benih ikan nila di Desa Mario, Kecamatan Mare, Kabupaten Bone, Jumat.

Pj Gubernur Bahtiar mengatakan pelepasan benih ikan nila ini untuk meningkatkan gizi masyarakat dan mencegah stunting.

"Kita memanfaatkan untuk gizi masyarakat, produksi perikanan budi daya ikan nila untuk mencegah stunting," jelas Bahtiar melalui keterangan yang diterima di Makassar.

Pj Gubernur Bahtiar pada 2023 telah dua kali melakukan penebaran benih nila di Kabupaten Bone. Pertama di Desa Tellongeng dengan melepas 50.000 ekor benih ikan nila. Kedua, di Desa Wollangi, Kecamatan Barebbo, sebanyak 21 ribu bibit.

Pj Gubernur memang sudah memprogramkan dan mendorong pembibitan ikan nila, untuk ditebar di seluruh wilayah Sulsel pada tahun 2024.

Dirinya sudah minta Kadis Perikanan setempat untuk memproduksi jutaan bibit ikan nila untuk diproduksi dan dilepas di tempat atau embun-embun yang ada airnya sepanjang tahun dan ini akan memperbaiki gizi masyarakat.

Sementara Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulsel Muhammad Ilyas mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari program 100 juta bibit (benih).

"Dan hari ini dan di tempat ini, kita lepas 20.000 bibit ikan nila," kata Muhammaf Ilyas.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024