Mamuju (ANTARA) - Car Free Day (CFD) yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Barat (Sulbar) sangat penting diikuti dalam rangka meningkatkan kesehatan jantung bagi masyarakat Sulbar.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulbar, Asran Masdy di Mamuju, Ahad, mengatakan CFD rutin dilaksanakan Pemprov Sulbar di sepanjang jalan arteri Mamuju setiap hari Ahad selama 30 menit.

Ia mengatakan, CFD yang diikuti ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Sulbar tersebut sangat penting diikuti, karena akan dapat meningkat kesehatan jantung.

"Masyarakat di Mamuju juga penting mengikuti CFD tersebut, karena bermanfaat bagi kesehatan jantung, dengan berolahraga maka sejumlah aktivitas fisik seperti berjalan, bersepeda, serta jogging dapat membantu memperkuat jantung dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh," katanya.

Menurut dia, selain meningkatkan kesehatan jantung, CFD juga bermanfaat untuk mempertahankan berat badan yang sehat, membakar kalori, sehingga mengurangi risiko obesitas dan penyakit yang ditimbulkannya.

Selain itu, CFD juga dapat meningkatkan kesehatan mental, mengurangi stres, kecemasan, dan depresi, serta meningkatkan mood dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Kemudian akan memperkuat otot dan tulang serta meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan tubuh, kemudian meningkatkan kualitas tidur sehingga dapat memberikan energi dan konsentrasi yang lebih baik dalam aktivitas sehari-hari.

"Dengan mengikuti CFD dapat menikmati udara segar di lingkungan terbuka yang menyehatkan sehingga masyarakat Sulbar diminta mendukung ramaikan CFD tersebut," katanya.*

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024