Makassar (ANTARA) - Ketua DPRD Sulawesi Selatan Andi Ina Kartika Sari, mendorong pelajar SMA dan sederajat di daerah itu agar cerdas berdemokrasi.

Ketua DPRD Sulsel menyambut baik pelaksanaan "Deklarasi Damai Tahun 2024 Putih Abu-Abu" yang digagas Pemprov Sulsel di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulsel, Senin.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Sulsel meminta para siswa SMA, SMK, dan SLB agar tidak golput pada pelaksanaan pemilu yang akan dilaksanakan pada, 14 Februari 2024.

Bagi Ketua DPRD Sulsel momentum deklarasi ini untuk mendorong para pelajar SMA, SMK, dan SLB sebagai pemilih pemula untuk menggunakan hak pilihnya dengan sebaik mungkin.

Ia menambahkan deklarasi ini sebagai wujud komitmen seluruh kepala sekolah se-Sulsel, termasuk siswa SMA, SMK dan SLB supaya menggunakan hak pilihnya tanpa intervensi.

Andi juga minta para kepala sekolah agar jangan pernah mengintervensi siswanya, tetapi membiarkan mereka memilih putra-putri terbaik untuk menjadi pemimpin bangsa dan memilih wakil wakil rakyat, hingga kepala daerah di daerahnya masing-masing.

"Mari kita mewujudkan pemilu dan pemilihan serentak 2024 yang berkualitas, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil (luber jurdil) di Sulsel," kata Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari.

Pada kesempatan itu, Andi juga mengingatkan seluruh kepala sekolah, para tenaga pendidik, dan seluruh siswa agar selalu bijak dalam menggunakan media sosial, serta tidak menyebarkan informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya atau hoaks, dan tidak menyebarkan ujaran kebencian.

Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 dihadiri oleh Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin, para pejabat Forkopimda Sulsel, KPU Sulsel, Bawaslu Sulsel, seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemprov Sulsel, para kepala cabang Dinas Pendidikan se-Sulsel, para kepala SMA, SMK, SLB se Sulsel beserta para ketua OSIS masing-masing sekolah.

Deklarasi itu diawali dengan pembacaan ikrar "Deklarasi Damai Tahun 2024 Putih Abu-Abu" Se-Sulawesi Selatan oleh ketua Forum OSIS Sulawesi Selatan.


Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024