Makassar (ANTARA) - Pusat Pengabdian Masyarakat (PPM) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Alauddin Makassar, mengeluarkan kebijakan dengan memberikan libur kepada mahasiswa yang sedang menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) di berbagai daerah.

Kebijakan yang dikeluarkan oleh Ketua LP2M Dr Rosmini Amin, dengan Nomor 148/LP2M-UIN/I/2024, menegaskan dukungan terhadap kelancaran Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan diselenggarakan pada 14 Februari 2024.

Dr Rosmini dalam keterangan tertulisnya di Makassar, Jumat, mengatakan mahasiswa KKN yang berada di sembilan kabupaten seperti Maros, Pangkep, Barru, Wajo, Sidrap, Pinrang, Luwu Utara, Majene, dan Enrekang, diliburkan mulai 13 sampai 15 Februari mendatang.

“Kembali aktif berpartisipasi KKN pada tanggal 16 Februari 2024 demi menyukseskan Pemilu dalam keadaan aman dan kondusif,” tulisnya.

Sementara Sekretaris LP2M Prof Andi Marjuni, MPd, menjelaskan bahwa untuk Kabupaten Soppeng terlebih dahulu diliburkan.

Hal tersebut berdasarkan permohonan Pemerintah Kabupaten Soppeng untuk meliburkan mahasiswa KKN UIN Alauddin Makassar.

“Untuk tanggal 13 - 15 itu untuk semua kabupaten kecuali Soppeng karena Pak Bupati minta duluan diliburkan karena ada beberapa proses sebelum hari H,” jelas Guru Besar Pendidikan Islam ini.

Prof Andi Marjuni menjelaskan bahwa meskipun mahasiswa KKN diberikan libur, proses KKN tetap dihitung selama 45 hari.

“Jadi khusus untuk Kabupaten Soppeng ini Mahasiswa diberikan tugas tambahan selama libur,” ujarnya.

Dengan langkah ini, kata mantan Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan ini, LP2M berharap dapat menciptakan suasana aman dan kondusif untuk pelaksanaan Pemilu.

Sebelumnya, KKN angkatan ke-74 melibatkan 2192 mahasiswa dengan perincian 932 laki-laki dan 1260 perempuan.

Pemberangkatan peserta KKN dilakukan pada 20-25 Januari 2024, menjangkau 10 kabupaten dan 27 kecamatan.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024