Makassar (ANTARA) - Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Makassar terus mematangkan persiapan pelaksanaan Festival Kota Tepian Air atau Waterfront City Festival sebagai salah satu program pariwisata yang diharapkan dapat menjadi branding baru dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. 

"Pada dasarnya ini menjadi branding dan akan menjadi atraksi baru di Makassar serta menambah daya saing di sektor Parekraf (pariwisata dan ekonomi kreatif) Kota Makassar, nasional dan internasional," ujar Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar Mohammad Roem saat dikonfirmasi, di Makassar, Selasa. 

Ia mengatakan pemantapan branding tersebut telah dibahas dalam forum perangkat daerah yang mendiskusikan segala masukan dari hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan atau Musrembang yang di laksanakan sebelumnya maupun ditingkat DPRD Kota Makassar.

"Dari DPRD itu usulan programnya ada lima usulan. Dan dari masyarakat itu ada enam usulan yang akan kami diskusikan dan fix-kan untuk program Rencana Kerja Program Daerah atau RKPD 2025,” kata mantan Kabag Humas Pemkot Makassar ini. 

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kota Makassar Firman Hamid Pagarra dalam pertemuan forum perangkat daerah yang diselenggarakan Dispar Makassar di Hotel Hyatt Place Sudirman, kemarin, memberikan apresiasi atas kinerja dinas terkait dalam memajukan dan mengembangkan pariwisata. 

Ia menilai Dinas Pariwisata sebagai salah satu dinas yang membawa Kota Makassar menjadi lebih terkenal di mata dunia. Dengan ciri khas yang dikemas secara epik dan mudah diingat bagi setiap orang yang mendengarnya. Salah satunya Makassar Kota Makan Enak yang sudah diluncurkan pada Rakorsus 2023. 

“Makassar terkenal dengan kulinernya. Dinas Pariwisata mampu mengemasnya dengan baik dan membawa tagline Kota Makan Enak menjadi sangat familiar di mata wisatawan. Kalau sebut Makassar pasti ingat Kota Makan Enak," paparnya.

Firman juga mengungkapkan dalam waktu dekat Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Pariwisata akan meluncurkan tambahan tagline baru yakni Makassar Waterfront City Festival atau disebut dengan Makassar Kota Festival Tepian Air.

Tagline baru tersebut rencananya diluncurkan pada Rakorsus 26 Februari 2024.

Menurut dia, hal itu menjadi salah satu langkah untuk lebih memajukan Kota Makassar dalam hal pariwisata. 

“Kita tahu pariwisata ini salah satu sektor penyumbang pertumbuhan ekonomi Makassar. Kota Festival Tepian air ini sudah dikonsep. Jadi, nanti di dekat tugu MNEK CPI akan dibuka tempat tujuan wisata baru. Tentunya Makassar Kota Makan Enak dan Kota Festival Tepian  Air ini akan berkolaborasi menggaet wisatawan," harapnya. 

Oleh karena itu, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Makassar ini berharap melalui forum  tersebut bisa membahas optimalisasi program-program yang sejalan dengan visi misi Pemkot Makassar dalam memajukan sektor pariwisata ke depannya.


Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024