Ternate (ANTARA) - Kantor Pencarian dan Pertolongan Ternate, Maluku Utara (Malut) pada Kamis, menerima laporan bahwa telah terjadi kondisi membahayakan jiwa manusia satu orang penumpang Kapal rute Ternate-Sanana yang terjatuh.

Kepala Seksi Operasi Dan Siaga Basarnas Ternate, Bram Madya di Ternate, Kamis, mengatakan setelah menerima laporan pada tanggal 29 Februari 2024, Basarnas Ternate berkoordinasi dengan instansi terkait guna rencana pencarian terhadap korban.

Selanjutnya Pukul 11.00 WIT, Rescuer Basarnas Ternate dengan menggunakan RIB 04 bergerak menuju ke LKP untuk melakukan operasi pencarian terhadap korban bernama Hayun Usia (37 tahun) warga Kota Ternate.

Kronologis kejadian. Tanggal 28 Februari 2024 Sekitar pulul 18.00 Wit KM Al Suldais 21 bertolak dari Pelabuhan Ahmad Yani Ternate dengan tujuan Pelabuhan Sanana. Sekitar Pukul 22. 25 Wit.

Korban yang baru selesai buang air kecil dari kamar mandi dek 2 bagian buritan kapal dan sempat duduk di atas pagar pembatas kapal tiba-tiba korban langsung terjatuh dari kapal.

Selanjutnya saksi atas nama Sufri Umamit yang melihat kejadian tersebut berteriak dan melaporkan ke ruang Komando KM Al Sudais 21 dengan Nahkoda Bustamin Baya.

Upaya yang telah dilakukan Oleh KM Alsudais melakukan upaya pencarian dengan melakukan putaran sebanyak 7 kali pada titik jatuhnya Korban namun hasil nihil.

Selanjutnya menghubungi kapal yang melintas yaitu KM. Dorolonda dan meminta bantuan untuk menghubungi Basarnas, syahbandar melalui telepon satelit.

Sedangkan, unsur terlibat. Basarnas Ternate, Brimob Polda Malut, Polairud Polda Malut, Lanal Ternate, masyarakat dan keluarga.

Pewarta : Abdul Fatah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024