Makassar (ANTARA) - Produk UMKM Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Makassar banyak diminati pengunjung saat dipamerkan pada ajang International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta pada 28 Februari sampai dengan 3 Maret 2024.

Ketua Dekranasda Makassar, Sulawesi Selatan, Indira Yusuf Ismail melalui keterangannya diterima di Makassar, Minggu, mengakui pihaknya sangat bangga dapat terlibat dalam kegiatan pameran internasional tersebut.

"Kami sangat bangga dapat berpartisipasi kembali dalam Inacraft 2024 dan mempersembahkan beragam produk unggulan dari Kota Makassar. Apalagi kegiatan ini juga diikuti berbagai negara," ujarnya.

Indira mengatakan bahwa kegiatan pameran produk kerajinan tangan itu dapat menjadi salah satu pintu untuk membawa produk lokal usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kota Makassar menuju pasar global.

Dekranasda Kota Makassar memamerkan sejumlah produk andalan seperti kain tenun, baju lontara, baju bodo, sarung lagosi, tenun sutra, dan perhiasan pengantin.

"Inacraft adalah pameran produk kerajinan tangan terbesar di Asia Tenggara, menyajikan beragam keindahan dan kekayaan budaya dari berbagai daerah dan negara. Ini adalah kesempatan emas untuk memperkenalkan produk kita," katanya.

Indira Yusuf Ismail mengatakan ada sekitar 1.500 produk UMKM yang turut dalam pameran tersebut. Termasuk peserta luar negeri yang bertempat seperti Uzbekistan, Nepal, Thailand, Malaysia, Korea, Jepang, Polandia, Vietnam, China, dan perwakilan negara Asia Tenggara yang hadir dalam Paviliun AHPADA.

Inacraft tahun ini juga menjadi ajang bertemunya 70 pembeli internasional serta 133 peserta kategori eksportir.

Selain itu, dengan target 100.000 pengunjung dan transaksi retail hingga Rp100 miliar, serta kontrak dagang yang ditarget mencapai 12 juta dollar AS, Inacraft 2024 diharapkan membawa harapan besar bagi pengembangan industri kerajinan.

Produk-produk yang dipamerkan oleh Dekranasda Kota Makassar pun berhasil memikat perhatian serta menarik minat pengunjung untuk membeli hasil karya UMKM binaan.

Keterlibatan Dekranasda Makassar dan UMKM binaannya di Inacraft 2024 ini tidak hanya mengukuhkan eksistensi produk lokal, tetapi juga membuka peluang lebih luas di pasar global bagi industri kerajinan tangan lokal Kota Makassar.

"Kami berharap dapat meningkatkan ekspor produk lokal serta membuka peluang lebih luas di pasar global untuk kesejahteraan UMKM di Makassar," ucap Indira.

Dekranasda Makassar juga menampilkan tarian Makkareso yang dibawakan langsung oleh Yayasan Anging Mammiri pada pameran internasional tersebut.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024