Makassar (ANTARA) - Sebanyak 80 orang perwakilan dari Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) dan Pendamping Proses Produk Halal (P3H) mengikuti sosialisasi produk wajib halal  2024.

"Kami rapat koordinasi dengan semua pemangku kepentingan terkait produk halal. Setelah ini, semua pendamping akan terjun ke lapangan untuk melakukan sosialisasi kepada para pelaku usaha," kata Ketua Tim Pengelolaan Data Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama, Muhammad Yanuar Arief di Makassar, Selasa.

Menurut dia, para pendamping yang mengikuti sosialisasi ini, selanjutnya turun ke lapangan. Selain itu, juga terdapat pendaftaran on the spot, jadi para pendamping ini bisa mendampingi para pelaku usaha yang ingin mendapatkan sertifikat halal.

Ia menyebut lokasi yang dikunjungi untuk sosialisasi wajib halal, di antaranya kawasan pusat oleh-oleh Somba Opu, kawasan Pantai Losari, pusat kuliner Hertasning, Pasar Segar, Pusat RPU Jl Muh Yamin, pujasera yang di mal.

Dalam kunjungan itu, para pendamping akan membantu masyarakat atau pelaku usaha yang ingin melakukan pendaftaran wajib halal.

Menurut Yanuar, sosialisasi masif ini dilakukan, karena 17 Oktober 2024, semua barang makanan dan minuman wajib untuk bersertifikat halal.

"Saat ini, di Sulsel sebanyak 16 ribu pelaku usaha sudah melakukan sertifikat halal," kata Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) Kanwil Kemenag Sulsel  Ali Yafid.

Dia meyakini bahwa pekerjaan diintegrasikan dan dikolaborasikan dengan seluruh pemangku kepentingan, baik eksternal maupun internal. Insya Allah kegiatan wajib halal Oktober tahun 2024 sukses sesuai dengan harapan dan target yang telah ditetapkan.

Secara nasional sosialisasi pemberlakuan wajib halal 17 Oktober 2024, menyasar 1.012 titik di berbagai wilayah di Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, secara virtual Kepala BPJPH Muhammad Aqil Irham menyampaikan bahwa Rakor LP3H dan pendamping PPH dilaksanakan secara serentak di 34 provinsi se-Indonesia sebagai tanda peresmian Wajib Halal Oktober 2024.

Sebagai penanda Wajib Halal Oktober 2024, yakni kegiatan yang bertujuan untuk mitigasi dan mensosialisasikan secara masif serta menyukseskan pemberlakuan wajib halal untuk produk makanan, minuman, bahan baku, bahan tambahan pangan, dan bahan penolong untuk produk makanan minuman, serta produk lainnya.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024