Ambon (ANTARA Sulsel) - PT. Pelindo Cabang Ambon akan membangun Sky Way yang diperuntukkan bagi lahan penumpukan peti kemas dalam areal pelabuhan Yos Soedarso Ambon.

"Saat ini sedang dilakukan pelelangan di Kantor Pusat, sedangkan kegiatan reklamasi sudah selesai dilaksanakan," kata Manager SDM dan Umum PT.Pelindo Cabang Ambon Harison Nanlohy di Ambon, Kamis.

Diharapkan proses pelelangan bisa berjalan dengan lancar dan bulan depan sudah bisa terealisasi, sebab rencananya bulan April sudah bisa dilakukan pekerjaan tersebut, katanya.

"Kalau sampai semua proses berjalan dengan lancar sampai dengan April maka sky way tersebut sudah bisa digunakan pada bulan Juli 2014 mengingat pertumbuhan ekonomi di daerah ini semakin meningkat.

Harison menjelaskan, lokasi untuk sky way tepatnya di belakang areal Pasar Nusaniwe atas kerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon. Sedangkan menyangkut dana untuk pembangunan sky way mempergunakan anggaran murni PT.Pelindo, lain kalau pembangunan pelabuhan yang mempergunakan dana APBN.

Harison menjelaskan, luas areal pelabuhan Ambon yang ada sekarang ini hanya bisa menampung sedikitnya 74.000 peti kemas, sedangkan pertumbuhan ekonomi di daerah ini terus meningkat dari waktu - ke waktu karena itu kawasan pelabuhan ini harus diperluas lagi.

"Areal untuk penampungan peti kemas sekarang di pelabuhan Ambon sangat sempit," katanya.

Harison menambahkan, diperkirakan arus bongkar muat peti kemas di pelabuhan Ambon pada tahun 2014 mencapai 90.000 unit atau meningkat sekitar 1- 15 persen dari tahun 2013 yang mencapai 74.000 unit. Kaswir




Pewarta : Oleh Shariva Alaidrus
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024