Makassar (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel) Muh Saleh mengajak masyarakat untuk turut memajukan industri lokal di daerah ini.

"Kopi Solaku ini salah satu produk industri Kabupaten Luwu, mari kita bersama-sama menjaga produksi kita dengan mengonsumsi produk lokal," ujar Muh Saleh, saat meninjau industri Kopi Solaku yang berada di Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Barambing Desa Buntu Kunyi, Luwu, Sabtu.

Dia berharap produk tersebut dapat berkembang dibarengi dengan peningkatan produksi kopi dari Kecamatan Latimojong.

Untuk meramaikan IKM Barambing, Muh Saleh berencana akan membuat event pada bulan suci Ramadhan di lokasi tersebut. Selain itu, juga akan dilakukan perbaikan-perbaikan untuk mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas IKM Barambing.

Ambo Ewa, selaku owner Kopi Solaku, menjelaskan telah memiliki hak merek dagang sendiri serta telah menerima penghargaan tingkat nasional.

Kopi Solaku telah memperlebar pangsa pasarnya hingga menembus pasar mancanegara, setelah mendapat bantuan dari Pemerintah Kabupaten Luwu dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel.

Pemprov Sulsel melalui Dinas Perindustrian setempat telah memfasilitasi sebanyak 635 industri kecil menengah (IKM) memperoleh sertifikat halal dan hak kekayaan intelektual.

Sebanyak 585 IKM mendapatkan sertifikat halal dan 50 IKM lainnya memperoleh sertifikat hak kekayaan intelektual (HKI). Peningkatan pemberian fasilitasi sertifikasi gratis ini sebagai wujud kepedulian Pemprov Sulsel untuk peningkatan IKM.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024