Makassar (ANTARA Sulsel) - Pengamat politik Universitas Veteran Republik Indonesia (UVRI) Makassar Dr Saifuddin Al Mughniy menyatakan bahwa temu kader Partai Demokrat di Makassar itu memberikan dampak besar bagi partai dan kadernya.

"Temu kader Partai Demokrat dengan para petinggi itu memberikan dampak besar bagi partai dan kadernya yang menjadi katalisator. Mereka yang telah dibakar semangatnya akan terus berupaya meraih kemenangan," ujarnya di Makassar, Minggu.

Ia mengatakan, pemilihan legislatif yang tidak lama lagi akan menjadi pembuktian Partai Demokrat untuk meraih suara sesuai yang ditargetkan dan dengan adanya pengarahan serta motivasi langsung dari ketua umumnya secara psikologis akan meningkatkan semangat itu berkali lipat.

Bukan cuma itu, sambutan hangat serta antusiasme masyarakat Sulsel terhadap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang begitu besar menjadi modal penting untuk semakin mendekatkan partai dengan masyarakat.

"Presiden SBY itu orang Demokrat dan kecintaan masyarakat terhadap presiden menjadi nilai tambah. Setidaknya dengan kehadiran presiden di Sulsel selama lima hari itu bisa meningkatkan elektabilitas partai," katanya.

Kader Demokrat yang tersebar di seluruh Sulawesi dan Maluku Utara yang terpusat di Makassar pada acara temu kader memberikan efek besar bagi partai penguasa itu.

Tetapi, kata dia, momentum itu harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para kadernya dalam memenangkan pemilu dan ini akan menjadi pembuktian, apakah sosok ketokohan seorang Susilo Bambang Yudhoyono menjadi magnet bagi para konstituen.

"Selama ini, ketokohan SBY masih menjadi magnet bagi masyarakat dan dengan begitu banyaknya polemik di dalam Partai Demokrat menjadi tantangan bagi kader-kadernya untuk meraih target yang telah ditentukan itu," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Sulawesi Selatan Ilham Arief Sirajuddin optimistis bisa meraih target 15 persen suara di pemilihan calon legislatif 2014 setelah adanya motivasi lebih dari Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono.

"Yang pastinya, target 15 persen suara itu mampu kita amankan, apalagi setelah ada motivasi dari ketua umum, semakin meningkatkan semangat kita untuk terus memperoleh hasil yang lebih baik lagi," katanya.

Ia mengatakan, lebih dari 5.000 kader Partai Demokrat yang tersebar dari pulau Sulawesi dan Maluku Utara itu begitu antusias mendengarkan pengarahan dari ketua umum yang dibawakannya dengan penuh semangat.

Selain sebagai Ketua Demokrat Sulsel, Ilham Arief Sirajuddin yang juga ditunjuk sebagai Koordinator Wilayah (Korwil) Pemenangan Partai Demokrat untuk Sulawesi dan Maluku itu mengaku target 15 persen dari DPP itu akan berusaha dimaksimalkan para kader hingga 20 persen.

"Dengan adanya suntikan semangat baru dari Bapak Ketua Umum, semua menjadi mungkin dan saya percaya sama militansi para kader untuk berbuat yang terbaik demi partai ini. Ini semua dilakukan demi rakyat Indonesia," ujarnya.  FC Kuen

Pewarta : Oleh Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024