Makassar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) menyatakan pelaksanaan Asistensi Reformasi Birokrasi (ARB) dapat meningkatkan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan ( SAKIP) di daerah.

Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel Andi Muhammad Arsjad dalam keterangannya di Makassar, Kamis, mengatakan kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang sangat strategis dan penting di tengah kuatnya keinginan pemerintah dalam mendukung upaya yang dilakukan oleh Menteri PAN-RB dengan pembangunan zona integritas.

Khususnya bagi daerah-daerah yang organisasi perangkat daerahnya belum berstatus Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

"Kesempatan ini tentu sangat baik karena tidak sedikit di antara kita yang SAKIP-nya maupun reformasi birokrasinya sangat rendah. Di Sulawesi Selatan ada beberapa kabupaten yang nilainya C. Kalau Sulawesi Selatan SAKIP-nya B," ujar dia.

Andi Muhammad Arsjad juga berharap semua peserta kegiatan di Makassar itu dapat mempelajari bersama apa saja yang menjadi best practice berdasarkan pengalaman yang dilakukan dan strategi apa yang dijalankan untuk meningkatkan kualitas reformasi birokrasi daerah.

"Kita sudah harus berkewajiban untuk mendorong peningkatan pelayanan publik kita. Banyak daerah yang bisa jadi sampling untuk penetapan zona integritas kita," ujarnya.

Sementara itu, Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi RB Kunwas Wilayah III Kementerian PAN-RB Andi Rahardian mengatakan, pihaknya ingin melihat pada tahun ini sudah ada lompatan implementasi reformasi birokrasi dan akuntabilitas kinerja.

"Menurut catatan kami wilayah timur termasuk di Sulawesi ini yang predikat tingkat pelaksanaan reformasi birokrasi maupun SAKIP-nya itu masih belum baik atau belum ada predikat B masih C dan CC," ujarnya.

Ia pun berharap semua daerah ke depan agar fokus pada peningkatan kualitas implementasi kinerjanya dengan lebih baik termasuk melalui zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) maupun Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).


Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024