Makassar (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan bergerak cepat menangani bencana tanah longsor yang terjadi di Kabupaten Tana Toraja pada Sabtu (13/4) malam dan memakan korban jiwa sebanyak 18 orang.
 
Segala potensi sedang kami maksimalkan untuk memberikan bantuan dan evakuasi. Tim dari BPBD dan Dinas Sosial sudah turun ke lokasi longsor di Toraja, kata Plt Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin dalam keterangannya di Makassar, Minggu.
 
Bahtiar pun langsung berangkat ke Toraja pada Minggu sore untuk menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban, serta memastikan proses evakuasi warga yang belum ditemukan. Begitu pula dengan bantuan yang telah turun.
 
Kepala BPBD Sulsel dan Kepala Dinas Sosial Provinsi bersama tim provinsi lainnya bersama Forkopimda juga sudah bergerak menuju lokasi.
 
Bahtiar Baharuddin menyampaikan duka mendalam atas bencana tanah longsor yang terjadi di Kabupaten Tana Toraja. Dikabarkan 18 orang meninggal dunia, dan dua orang masih dalam proses pencarian.
 
“Atas nama pemerintah provinsi dan masyarakat Sulsel, kami menyampaikan belasungkawa yang sebesar-besarnya atas kejadian yang menimpa saudara-saudara kita di Tana Toraja,” ujarnya.
 
Bencana tanah longsor yang terjadi di Sulsel tidak hanya mengakibatkan 18 orang meninggal dunia, namun dua orang lainnya masih dalam pencarian. Longsor terjadi di dua titik yakni di Desa Manggau dan Lembang Randan Batu.
 
Berdasarkan laporan BPBD Sulsel, longsor ini terjadi pada Sabtu (13/4) malam, sekitar pukul 23.00 WITA. Di Palangka, Desa Manggau, Makale Selatan, 14 warga dievakuasi ke RS Lakipadada dalam kondisi meninggal dunia. Dua orang belum ditemukan, sedangkan dua warga lainnya masih menjalani perawatan dan kritis.
 
Sedangkan di Lembang Randan Batu, Makale Selatan, empat warga meninggal dunia. Jadi, total korban meninggal dalam peristiwa ini mencapai 18 orang.
 
Berikut identitas korban meninggal dunia akibat longsor di Tana Toraja:
 
1.Dala ( L / 40 Tahun )
2. Marta Bine' ( P / 33 Tahun )
3. Putri (P/5 Tahun)
4. Reno ( L / 2 tahun )
5. Wiris (Dado'), (L/12 Tahun)
6. Marcel Oda ( L / 16 Tahun )
7. Agustinus Bongga ( L / 20 Tahun )
8. Mala' ( L / 60 Tahun )
9. Baru ( L / 40 Tahun )
10.Edi' ( L / 15 Tahun )
11. Martinus Kottong ( L / 35 Tahun )
12.Aco' ( L / 37 Tahun )
13.Mase' ( L / 38 TAHUN )
14. Jimmy ( L / 27 TAHUN )
15. Luka Indo'
16. Ambe Dian
17. Karopa
18. Eksternal
 
Dua orang belum ditemukan:
 
1.Sopia (P/23 Tahun)
2. Gea ( P / 13 Tahun )
 
Kritis saat dirawat di RS Sinar kasih dua orang:
 
1. Ra'pe ( L / 37 Tahun )
2.Dania (P/8 tahun)
 
 
Berita ini juga telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemprov Sulsel bergerak cepat tangani bencana tanah longsor di Toraja

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024