Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin (Unhas) meresmikan fasilitas Maker Innovation Space (MIS) yang merupakan proyek kolaborasi bersama USAID di Fakultas Teknik Unhas, Gowa, Senin.

Dekan Fakultas Teknik Unhas Prof Dr Isran Ramli, menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada USAID dan Arizona State University melalui Higher Education Partnership Initiative (HEPI) Project atas dukungannya terhadap Maker Innovation Space di Fakultas Teknik Unhas.

Dia menekankan bahwa MIS ini dapat digunakan oleh seluruh mahasiswa Unhas, tidak hanya terbatas untuk mahasiswa Fakultas Teknik.

Sementara itu, Direktur HEPI Project Dr Abdul Rahman mengatakan pihaknya merasa terhormat dapat bermitra dengan Unhas dalam membangun MIS.

"Bersama-sama, kita dapat mengkatalisasi inovasi, mendorong pembangunan ekonomi, dan mengatasi tantangan sosial yang mendesak melalui kekuatan pendidikan dan kolaborasi," ujarnya.

Ia menjelaskan fasilitas MIS akan berfungsi sebagai ruang yang dinamis di mana mahasiswa, dosen, dan peneliti dapat berkumpul untuk menyatukan ide, membuat model, dan mengembangkan solusi terhadap tantangan dunia nyata.

"Dilengkapi dengan alat-alat yang canggih termasuk printer 3D, pemotong laser, perangkat prototipe elektronik, dan peralatan pengerjaan kayu, Maker Innovation Space akan menjadi tempat kolaborasi interdisipliner dan tempat berbagi pengalaman pembelajaran," katanya.

Maker Innovation Space yang diresmikan di Unhas pada 22 April, ITB (25 April), dan Binus (2 Mei) menandai momentum penting dalam kolaborasi antara institusi pendidikan tinggi Indonesia dan Amerika Serikat.

Kolaborasi itu bertujuan untuk menumbuhkan budaya inovasi dan kewirausahaan. Inisiatif ini sejalan dengan ambisi Indonesia untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan program guna membantu mahasiswa untuk siap masuk ke dunia kerja.

MIS didanai oleh USAID dalam kemitraannya dengan Arizona State University melalui Higher Education Partnership Initiative (HEPI) Project.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Unhas bersama USAID resmikan Maker Innovation Space

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024