Pasangkayu (ANTARA) - Personil TNI di Kabupaten Pasangkayu Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) membantu mengoperasikan mesin pertanian padi modern milik kelompok petani untuk membangun ketahanan pangan daerah.

"Petani sangat terbantu karena TNI turun ke sawah untuk membantu kelompok petani mengoperasikan mesin pertanian padi modern yakni combine harvester," kata salah seorang petanidi Desa Pangiang Kecamatan Bambalamotu Kabupaten Pasangkayu, Sabtu.

Ia mengatakan, perkembangan zaman dan teknologi membuat petani harus menggunakan mesin modern yang lebih cepat bekerja dan hemat biaya serta tidak menguras tenaga petani.

"Sehingga petani sangat berterima kasih atas bantuan TNI, karena petani belum memahami cara mengoperasikan mesin modern jenis
combine harvester tersebut," katanya.

Ia menyampaikan, personil TNI di Kabupaten Pasangkayu, telah mendampingi petani pada saat pengolahan lahan hingga pada saat panen padi, dan mereka bekerja aktif dan berperan seperti seorang petani.

Sementara itu, Babinsa Koramil 1427-02 Kecamatan Bambalamotu Kodim Pasangkayu, Sertu Amiruddin, mengatakan, pendampingan petani dilaksanakan TNI dalam rangka mendukung program ketahanan pangan di Kabupaten Pasangkayu.

Ia mengatakan, TNI di Kabupaten Pasangkayu telah diperintahkan membantu petani serta membangun hubungan emosional dan sinergitas dengan masyarakat petani agar tetap solid dalam rangka membangun ekonomi daerah.

"Kami selalu Babinsa akan menyumbangkan seluruh tenaga dan pikiran dalam membantu petani mulai sejak pengolahan lahan sampai panen untuk meningkatkan ketahanan pangan dan mendorong pembangunan ekonomi di Kabupaten Pasangkayu," katanya.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024