Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) mentargetkan dapat melaksanakan pembangunan jalan nasional dari Kabupaten Mamuju menuju Kabupaten Luwu Utara Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Untuk menumbuhkan investasi dan pembangunan ekonomi daerah, maka Sulbar harus membangun jalan nasional menghubungkan dengan Provinsi lainnya di Sulawesi," kata penjabat Gubernur Sulbar, Bahtiar Baharuddin di Mamuju, Senin.

Ia mengatakan, Pemprov Sulbar mentargetkan mampu membangun jalan nasional dari Kabupaten Mamuju menuju Kabupaten Luwu Utara pada 2025 mendatang.

"Ketika jalan tersebut dibangun maka wilayah Sulbar dibagian timur akan mampu terhubung dengan wilayah Provinsi Sulsel, Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Sulawesi Tenggara (Sultra), sehingga akan meningkatkan aktivitas pendistribusian hasil ekonomi masyarakat," katanya.

Oleh karena itu ia menyampaikan, Pemprov Sulbar akan segera mengusulkan agar pemerintah pusat dapat membantu agar jalan tersebut dibangun pada 2025, untuk kemajuan pembangunan daerah.

"Segera diusulkan agar jalan sepanjang 108 kilometer dari Kabupaten Mamuju menuju Kabupaten Luwu dialokasikan anggarannya pemerintah pusat, yang juga bertujuan untuk mendukung Sulbar sebagai daerah penyangga ibukota negara (IKN) di Kalimantan," katanya.

Menurut dia, wilayah Sulbar harus terhubung dengan seluruh wilayah dipulau Sulawesi dengan membangun infrastruktur jalan nasional, agar Sulbar sebagai daerah paling dekat dengan IKN di pulau Sulawesi, dapat memenuhi kebutuhan pangan IKN.

"Hasil bumi dari berbagai daerah di Sulawesi akan maksimal didistribusikan ke IKN kalau dukungan infrastruktur jalan nasional dibangun pemerintah, dan akan berpengaruh pada meningkatkan pertumbuhan ekonomi Sulbar yang saat ini mencapai 5,1 persen," katanya.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024