Makassar (ANTARA Sulsel) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) akan mempercepat pembangunan infrastruktur jalan "by pass" kawasan Mamminasata (Makassar, Maros, Sungguminasa dan Takalar).

Hal tersebut dikatakan Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu`mang di Makassar, Selasa, usai membuka Pameran foto Mahakarya Pembangunan Sulsel Refleksi Satu Tahun Kepemimpinan Sayang (Syahrul Yasin Limpo dan Agus Arifin Nu`mang) II.

"Inilah yang kita mau mempercepat jalan `by pass` Mamminasata, apalagi sudah ada perencanaan dan anggaran juga sudah siap. Pemprov tinggal mempersiapkan anggaraan pembebasan lahan dan tentu kita juga berharap kontribusi dari pemerintah kabupaten dan kota, Maros, Gowa dan Takalar," katanya.

Percepatan proses pembangunan "by pass" Mamminasata dilakukan karena pemerintah daerah menyadari bahwa dalam lima tahun pembangunan pertumbuhan ekonomi terus mengalami peningkatan.

Kemampuan masyarakat membeli kendaraan sangat tinggi yang umumnya menyebabkan kemacetan terutama di Kota Makassar saat ini.

"Makassar sendiri ada program jalan dari Tol Sutami sampai ke Tamalanrea dan itu sudah pembebasan lahan dan sementara sebagian sudah jalan kontruksinya. Kita berharap tahun ini juga sudah rampung untuk mengatasi kemacetan di Jalan Perintis Kemerdekaan, bisa keluar di tol," jelasnya.

Selain infrastruktur, program pendidikan dan kesehatan yang dianggarkan sekitar Rp600 miliar juga terus berjalan. Dan pada periode Pemerintahan Provinsi Sulsel 2013-2018, program pendidikan ditambah dengan SPP gratis selama satu tahun bagi mahasiswa baru lulusan Sulsel yang dianggarkan sekitar Rp45 miliar sepanjang tahun ini.

"Saya yakin mungkin nanti minat masyarakat kita terutama bagi mereka yang memiliki kemampuan intelektual tapi tidak punya kemampuan finansial akan melanjutkan kuliah di perguruan tinggi dan kita berharap jika memang memiliki prestasi yang luar biasa akan mendapatkan beasiswa untuk menuntaskan kuliahnya," katanya.

Ia menambahkan, beberapa kabupaten melanjutkan program SPP gratis tersebut mulai dari semester tiga dari dua semester yang dianggarkan pemerintah provinsi

Program lainnya yang terus dilanjutkan adalah program lima juta bibit dan sementara ini pemerintah provinsi juga tengah mempersiapkan program baru yakni kewirausahaan. "Doakanlah Pak Syahrul dan saya dan tentu seluruh aparat baik yang di provinsi maupun di kabupaten dan kota bisa tetap membangun Sulsel agar bisa lebih baik," ujarnya. Agus Setiawan

Pewarta : Riesmawan Yudhatama
Editor :
Copyright © ANTARA 2024