Makassar (ANTARA) - Kegiatan tahunan Pemerintah Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan bertajuk "Beautiful Malino" kembali dilaksanakan pada 12-14 Juli 2024 dipusatkan di Hutan Pinus Malino, Kecamatan Tinggimoncong dengan melibatkan puluhan UMKM lokal.

Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa Abdul Karim Dania saat memimpin Rapat Persiapan Beautiful Malino 2024 di Gowa, Jumat, mengatakan kegiatan, "Beautiful Malino" sudah dilaksanakan sejak 2017 dan kembali digelar pada 2024.

“Alhamdulillah event (kegiatan) 'Beautiful Malino' akan kembali kita laksanakan pada bulan Juli ini, dengan tema yang dihadirkan yaitu 'Harmony' yang artinya mengingatkan kembali pentingnya harmonisasi dan keseimbangan antara alam dan kehidupan manusia,” ujarnya.

Ia menyebut acara itu menghadirkan beberapa kegiatan, salah satunya kuliner yang melibatkan UMKM lokal binaan Pemerintah Kabupaten Gowa.

Dia menyatakan pelibatan itu sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dan memperkenalkan ke wisatawan yang datang ke Malino, terlebih wisatawan dari luar Kabupaten Gowa.

Seorang perwakilan Slemmersindo (penyelenggara kegiatan), Muh Subhan, mengatakan ada tujuh jenis kegiatan yang akan dihadirkan, yakni music and art fest dengan berbagai bintang tamu, lari lintas alam, culinary bazaar, mountain bike, fashion carnaval, summer camp, dan malino trail adventure.

“Jenis kegiatannya hampir sama dengan tahun lalu, hanya saja memang ada beberapa yang dimodifikasi sesuai dengan tema tahun ini yaitu 'Harmony' sehingga tahun ini akan lebih spesial,” katanya.

"Beautiful Malino" digagas sejak 2017, untuk selanjutnya digelar setiap tahun, pada Juli, dengan mengangkat tema yang berbeda-beda meskipun sempat vakum saat pandemi COVID-19.

Ia menjelaskan kegiatan ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, khususnya di Kecamatan Tinggimoncong, Parigi, dan Tombolopao, karena banyak masyarakat datang hingga menyewa penginapan, sekaligus memperkenalkan potensi pariwisata Kabupaten Gowa.


   

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024